12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

KPPU Sinyalir Kartel Daging Sapi Terus Permainkan Harga

KPPU Sinyalir Kartel Daging Sapi Terus Permainkan HargaSurabaya, KabarGress.Com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mensinyalir adanya kartel daging sapi yang terus berusaha mempermainkan harga. “KPPU telah memproses 32 ijin usaha pelaku kartel daging sapi. Lantaran akhir-akhir ini pasokan daging di pasaran langka,” ungkap Komisioner KPPU, Muhammad Nawir Messi, di sela-sela acara Forum Jurnalis bertemakan Catatan Awal Tahun Penegakan Hukum Persaingan KPPU, di Ria Indonesian Resto Jl. Kombes M. Duryat No. 7, Surabaya, Jumat (23/1/2016).

Kepada wartawan, Nawir berharap pelaku kartel tersebut mendapatkan hukuman yang berat, yakni pencabutan ijin usaha. Sehingga hal ini akan menjadi peringatan bagi pelaku kartel usaha yang lain.

Seperti diketahui, daging sapi di pasaran langka yang menyebabkan harganya melonjak. Harga daging sapi yang semula Rp80 ribu/kg melonjak tajam hingga Rp120 ribu/kg. Hal ini membuat KPPU langsung turun ke lapangan untuk memantau stok daging di pusat-pusat penjagalan.

Di Surabaya sendiri inspeksi mendadak (sidak) dilakukan KPPU KPD Surabaya ke Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian. Dan didapati kenyataan sapi siap potong merosot tajam. (ro)

Teks foto: Ketua KPPU KPD Surabaya, Aru Armando, Ir. Muhammad Nawir Messi, M.Sc., Dr. Syarkawi Rauf, S.E., M.E. dan Prof. Dr. Ir. Tresna Priyana Soemardi, S.E., M.S.