27/01/2021

Jadikan yang Terdepan

2016 Tahun XIO Monyet Api + Logam, Tahun Bencana (Bagian 3)

Sejarah Cap Jie Xio/Duabelas XIO

Pada bagian 3 ini saya, ketengahkan ketika sang Budha hendak naik ke Nirwana. Beliau, memanggil seluruh hewan /binatang. Ternyata kala itu yang datang hanya duabelas hewan, yaitu ; pertama tikus,disusul kerbau,macan,kelinci,naga,ular, kuda, kambing,monyet,ayam, anjing dan terakhir babi.

Dalam perkembangan sejarah itu keduabelas binatang dipakai untuk mewakili karakter atau sifat dari duabelas Xio yang dikenal dalam penanggalan Tiongkok kuno yang lazim di sebut Cap Jie Xio. Sementara penanggalan Tiongkok kuno sendiri dimulai pada masa pemerintahan Raja / Kaisar Huang Tie, atau Kaisar Kuning. Pada tahun ke 61 pemerintahannya atau tahun 2637 sebelum masehi, beliau mengeluarkan siklus pertama Kalender Tionghwa.

Jika ingin mengetahui secara mendetail tentang penanggalan Tiongkok kuno, perlu dilakukan study banding dan penelitian khusus dengan mempelajari ratusan buku –buku Sejarah Tiongkok Kuno.
Yang jelas , Siklus ke 77 dimulai pada tanggal 05 Februari 1924 di mana saat itu bertepatan dengan tahun baru Tionghwa atau Xin Cia,tanggal 01-01 – 2475 dan di sebut Tahun Tikus kayu Positif ,berelemen tetap Air. Dan hal ini sangat erat berkaitan dengan “ Sejarah Sang Buddha “.

Pertama = Karena sang Buddha bertapa ke Nirwana bawah pohon “ bodhi “ maka elemen atau unsur pertama di namakan KAYU dengan tanda positif. Kedua = Saat sang Buddha naik ke Nirwana, Planet yang paling dekat dengan beliau adalah Planet Yupiter yang mendominasi Kayu. Maka elemen pertama yang di sebut KAYU. Menurut hemat saya perlu dipahami bahwa siklus lengkap penanggalan Tiongkok memakan waktu selama 60 tahun. Siklus lengkap ini di bagi menjadi 5 (Lima) ,’siklus biasa , dimana tiap siklus lamanya 12 (duabelas) tahun, dan setiap tahun siklus biasa mempunyai nama –nama sesuai dengan hewan yang datang menghadap sang Buddha, yaitu tahun Tikus, Tahun Kerbau, Tahun Macam, dan seterusnya.

Kenapa siklus lengkap 60 tahun harus dibagi 5?. Karena siklus lengkap dipengaruhi lima unsur yang didalam ilmu perbintangan di kaitkan dengan keberadaan 5 Planet. Pertama = Planet Venus mendominasi Logam atau Emas. Kedua Planet Mercurius mendominasi Air. Ketiga, Planet Yupiter mendominasi Kayu, Ke Empat = Planet Mars mendominasi Api, dan Kelima = Planet Saturnus mendominasi Tanah.

Lima elemen ini mempunyai dua sifat yang berbeda, yakni sifat positif dan sifat negatif. 0leh para Astrologi Tiongkok, di sebut IM dan YANG atau IM YANG ( YIN YANG). Untuk menguji siklus 60 lengkap benar –benar terjadi, maka bisa di simak pada 6o tahun berikutnya atau tepatnya jatuh pada tanggal 02 Februari 1984 = 01-01 – 2535 IMLEK yang juga tahun Tikus Kayu Positif berelemen tetap Air.

Tuhan Allah Yang Maha Kuasa, menciptakan alam semesta ini dengan dua sifat yang saling menunjang. Ada langit ada bumi, matahari, rembulan, planet dan bintang, siang dan malam, laut dan darat,panas dan dingin, lelaki dan perempuan, demikian seterusnya. Hal ini menggambarkan Pergerakan Kehidupan yang seimbang antara Positif dan negatif dimana sifatnya adalah tetap disebut dengan IM YANG.

Agar makna dari IM YANG mudah dipahami, maka digambarkan sebagai satu bulatan terbagi dua yang menyatakan adanya dua sifat berbeda. Karena bumi bentuknya bulat, maka IM YANG juga di gambarkan dalam bentuk bulat. Bentuk bulat yang terbagi dua itu, sebelah kiri di sebut YANG atau Siang dengan tanda positif (+ ). Dan sebelah kanan di sebut IM / YIN adalah malam dengan tanda negatif ( -).

Pada belahan YANG ada titik hitam dan di belahan IM ada titik Putih, hal itu menandakan Tidak adanya Sifat yang sempurna pada makhluk hidup. Jika dikaitkan dengan manusia, maka jelaslah bahwa sebaik apapun pribadi seseorang ternyata masih ada sifat buruk dalam dirinyaa dan sejahat apapun p[ribadi seseorang itu masih ada sifat baiknya. Para pembaca yang saya hormati, saya sudah menjawab empat pertanyaan yang diajukan oleh berbagai pihak.

Semoga saja uraian jawaban saya bisa memuaskan anda sekalian.Namun bila masih terdapat kekurangan maka didalam kesempatan ini dengan segala kerendahan hati saya Yusuf Bingo memohon maaf sebesar –besarnya , karena gunung tinggi masih ada yang lebih tinggi dan di atas langit masih ada langit . Saya hanyalah orang biasa , semoga Tuhan Allah Sang Pencipta Yang Maha Segala-Nya,memberkati anda semua. Amiin.
01.XIO TIKUS (CI).

Tahun yang baik bagi Warga Xio Tikus, namun tetap di sarankan pada semua warga Xio Tikus, dalam Elemen apapun agar tidak mengabaikan persahabatan ,terutama pada mereka yang pernah memperhatikan ataupun menolong anda di masa lalu. Jangan pernah melakukan tindakan “ habis manis sepah dibuang” karena diluar dugaan masih banyak aral melintang ditahun tahun mendatang.

Anda telah mendapatkan peringatan dan pelajaran dalam beberapa tahun berselang, dimana terlalu royal dan terlalu perhitungsn justru membuat usaha apapun yang dijalankan mengalami paceklik. Seyogjanya bertindak dan bersikaplah yang wajar saja serta jauhi sensasi. Khusus, untuk anda yang bermitra kerja akan lebih aman bila saling melakukan konsolidasi agar tidak termakan intrik – intrik pemecah belah. Bagi anda yang meniti karier, terutama dibidang politik ,jangan menerapkan strategi kutu loncat. Mudah terpengaruh dan tidak percaya diri membuat karier jadi hancur. Yang masih sendiri akan menemukan pasangan.
02. XIO KERBAU (GU)

Setelah dua tahun warga Xio Kerbau mengalami berbagai macam masalah bahkan guncangan berat dalam perjalanan hidup, maka kini anda bisa bernafas lega karena mendapatkan perubahan nyata dalam segala hal. Khusus untuk warga Xio Kerbau yang memiliki elemen logam + Air 1901+ 1961 juga elemen Kayu + Air 1925 + 1985, di sarankan agar tetap waspada sebab masih banyak aral melintang.

Di sepanjang tahun ini yang namanya nasib baik – peruntungan bagus akan berkembang dengan sendirinya. Usaha / bisnis apa saja baik yang lama maupun yang baru dari yang kecil ,sedang, menengah – besar-raksasa memperoleh kelancaran , dibidang study apapun serta karier juga dalam politik mendapatkan pengakuan dan ketenaran nama baik, hubungan antar keluarga tidak konflik, justru yang masih sendiri mendapatkan pasangan serasi, dalam dunia persahabtan akan bertemu dengan orang –orang yang punya nama besar.

Semua itu khususnya bagi warga Xio Kerbau yang memiliki elemen Air + Api + Tanah dan wajib pandai mempertahankan.
03. XIO MACAN ( HOUW)

Wanita maupun Pria Xio Macan dalam elemen apapun meemiliki gelar Sang Ratu atau raja Rimba Penguasa besar dalam hutan belantanra di jagatraya. Segala sesuatu ada waktu dan masanya. Semua makhluk hidup maupun benda mati dialam semesta ini di satu saat pasti bertemu dengan yang namanya malaikat langit-malaikat awan – malaikat api- malaikat air- malaikat gunung – malaikat tanah- malaikat samudra juga malaikat elmaut pencabut nyawa.

Sepuluh malaikat ini memang memiliki kuasa besar di alam semesta , bila anda ingin mengetahui sejarah mereka carilah diperpustakaan kerajaan jin di Bagdad.
Perjalanan nasib warga Xio Macan di sepanjang tahun ini justru tidak baik. Mungkin saja ada yang bertemu dengan salah satu dari sepuluh malaikat itu. Seyogjanya, anda senantiasa berdoa dan melakukan amal kebajikan agar terhindar dari bencana tak terduga.
04. XIO KELINCI (TOUW)

Peringatan serius untuk semua warga Xio Kelinci dalam elemen apapun, perjalanan nasib anda sedang sedang saja.Namun jangan pernah dilupakan bahwa dalam tahun Monyet Api + Logam ini anda akan bertemu dengan sang pengkhianat, maka sebaiknya anda waspada!. Bilah hal ini terjadi maka berbagai kesulitan akan datang silih berganti dan berlanjut hingga tahun depan, waspada dengan orang kepercayaan.

Pertama = disepanjang tahun ini banyak pendekatan pada Tuhan Allah Sang Pencipta melalui doa menurut kepercayaan masing –masing, terutama antara pukul 21 .00 – 23.00 wib, sebab warga Xio Kelinci kesayangan Sang Dewi Bulan.
Kedua = jaga kesehatan anda, pelihara dengan baik stamina tubuh, jangan sampai terlalu lelah dalam segala hal dan jangan memaksakan kehendak.
Ketiga = hati – hati bila bertransaksi / ikatan kontrak apapun berkaitan dengan barang atau uang, dalam tahun Monyet banyak “ raja tega”
05. XIO NAGA ( LIONG)

Keberuntungan warga Xio Naga masih berlanjut,kecuali Naga Logam + Kayu dan Naga Kayu + Kayu, di sepanjang tahun monyet Api 2016 . Sikap arif bijaksana situasi kondisi sangat diperlukan. Study –karier – usaha / bisnis di bidang apapu berjalan cukup lancar,namun jangan memaksakan kehendak agar terhindar dari masalah yang tak terduga.

Yang bermitra kerja seyogjanya memahami dan menghargai pendapat rekan –rekan usaha, bukan saat yang tepat untuk mengukuhi pendapat sendiri. Justru yang terjadi adalah selisih paham dan pertengkaran berlanjut perpisahan berakibat perkara hukum.

Masalah apapun yang terjadi ditahun lalu dan hingga kini belum tuntas, perlu di selesaikan dengan kepala dingin. Sikap garang justru naik ke meja hijau (pengadilan). Asmara –jodoh –rumah tangga- acapkali terjadi konflik disebabkan banyak keinginan dan janji janji tak terwujud, ingat baik baik bahwa sabar itu jadinya subur… Bersambung….

Penulis adalah; Paranormal / Ahli Fengshui/ Hongshui, Tinggal di Surabaya