Perhutani Sesalkan Musibah di Pantai Bajulmati dan Pantai Perawan Malang Selatan

bajul-mati-pantai-malang-sempujpgSurabaya, KabarGress.com – Perum Perhutani melalui Kepala Divisi Regional Jawa Timur, Andi Purwadi, menyesalkan dua musibah yang menimpa lima wisatawan di Pantai Bajulmati Kecamatan Bantur dan Pantai Perawan, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, tepatnya di wilayah kawasan hutan negara Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sumbermanjing, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang, Divisi Regional Jawa Timur.

Peristiwa yang terjadi pada Jumat (1/1/2016) lebih kurang pukul 06.00 WIB tersebut berawal ketika lima wisatawan berfoto di tepi pantai Bajulmati dan pada saat bersamaan ombak besar datang menyeret mereka ke tengah laut tanpa sempat menyelamatkan diri. Korban meninggal bernama Selamat (35), Toni Wijaya (22), Arifin (23) dari Kecamatan Mergosono Kota Malang sedangkan Mahendra Ade Kusuma (19) warga Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang sampai dengan saat ini belum ditemukan. Satu orang dapat diselamatkan bernama Soni Angga Kusuma (25) dari Kecamatan Mergosono Kota Malang.

Peristiwa yang sama terjadi pula di pantai Perawan pada Jumat (1/1/2016) lebih kurang pukul 09.00 WIB, tiga wisatawan terseret ombak besar ketika bermain air di tepi pantai. Satu korban dinyatakan meninggal oleh pihak berwajib yaitu M. Najibulwalib (18) dari Kab. Sidoarjo sedangkan dua orang lainnya yaitu Agung Wahyu Utomo (18) dan Arif Firmansyah (19) berhasil diselamatkan tim SAR Gabungan dari Perum Perhutani, Polairud, TNI AL, BPBD dan PMI. Hingga press release ini dikeluarkan upaya pencarian korban tetap dilanjutkan.

Pantai Bajulmati dan pantai Perawan, Malang Selatan saat libur natal 2015 dan tahun baru 2016 menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat Jawa Timur. Upaya mitigasi resiko kecelakaan berupa Papan Larangan dan Rambu-rambu Peringatan untuk tidak berenang atau bermain air terlalu jauh dari bibir pantai Selatan Pulau Jawa yang berombak besar tersebut telah dilakukan oleh Perum Perhutani.

Untuk kejadian beruntun tersebut Perum Perhutani mengucapkan belasungkawa kepada keluarga korban dan akan memberikan santunan serta menguruskan asuransi jiwa bagi ahli waris keluarga korban. Musibah ini sebenarnya tidak perlu terjadi senandainya para wisatawan atau pengunjung pantai mematuhi aturan-aturan pengelola Pantai Bajulmati dan Pantai Perawan di wilayah Perum Perhutani tersebut. (ro)

Leave a Reply


*