12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Nelayan Madura Mulai Manfaatkan mFish

* Kerjasama XL– Pemkab Pamekasan Tingkatkan Produktivitas Nelayan

mFish1Pamekasan, KabarGress.com – PT XL Axiata Tbk (XL) dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura mengikat kerjasama dalam meningkatkan produktivitas nelayan setempat. Kerjasama tersebut diwujudkan dengan mengimplementasikan program pemanfaatan sarana digital “mFish” kepada masyarakat nelayan di 6 desa. Tidak kurang dari 110 orang nelayan mendapatkan bantuan paket aplikasi “mFish” tersebut, yang akan langsung dapat dipakai sebagai pemandu dalam menjalani profesi mereka.

Vice President East Region XL, Desy Sari Dewi, dan Bupati Pamekasan Drs. Achmad Syafii, MSi menandantangani nota kerjasama bertajuk “Sinergi mFish dan Perikanan yang Berkelanjutan” di Pamekasan, Rabu (23/12/2015). Kerjasama serupa segera dilakukan bersama dua pemkab di Madura lainnya.

Desy mengatakan,“Alhamdulillah, akhirnya implementasi program mFish di Kabupaten Pamekasan ini dapat kami wujudkan segera. Dengan demikian maka sekali lagi kami memenuhi komitmen untuk mendukung masyarakat Madura dalam memajukan daerah melalui implementasi sarana telekomunikasi dan teknologi digital. Kami berharap, dengan menggunakan aplikasi mFish, masyarakat nelayan Pamekasan akan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup.”

Desy menambahkan, seiring dengan visi pemerintah untuk menyediakan “Desa Broadband” di berbagai penjuru tanah air, aplikasi mFish dari XL saat ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di beberapa lokasi di Lombok dan Bali. Karena itu, XL berharap manfaat yang sama bisa didapatkan oleh nelayan di Madura.

mFish2Dalam kerjasama tersebut, nelayan penerima paket mFish akan mendapatkan gratis biaya paket data selama 6 bulan. Paket tersebut berupa handset dengan aplikasi mFish di dalamnya, paket data sebesar 1GB/bulan, serta alat pengisi batere tenaga surga. Aplikasi mFish sendiri memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi.

Melalui kerjasama ini, Dinas kelautan dan Perikanan setempat juga akan bisa mendapatkan data riil dari nelayan. Data tersebut mencakup harga ikan, serta jumlah tangkapan dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, agar nelayan mampu menggunakan peralatan digital tersebut secara efektif, XL menyediakan pendampingan selama 6 bulan. Akan ada petugas yang secara rutin mendatangi nelayan untuk melakukan pendampingan sekalian menjaga tingkat efektivitasnya.

Setelah Kabupaten Pamekasan, dalam bulan ini juga XL segera akan menandatangai kerjasama mFish dengan Pemkab Bangkalan dan Pemkab Sumenep. Dengan demikian total tidak kurang dari 350 paket mFish akan dimanfaatkan di Madura. XL berharap, penggunaan sarana digital ini akan terus meluas.

Untuk itu, menurut Desy, XL berkomitmen akan terus meningkatkan kualitas layanan mFish ini, antara lain dengan memperkaya fitur yang ada sehingga akan semakin membantu nelayan. Antara lain dengan memastikan kualitas informasi sehingga tingkat akurasinya semakin tinggi.

mFish3Dari sisi jaringan pendukung, XL memiliki jaringan yang sangat memadai di seluruh Madura. Hal ini terbukti dari loyalitas masyarakat Madura yang menggunakan XL. Di Pulau Garam ini, XL adalah operator dengan jumlah pengguna terbanyak, yaitu sekitar 1,37 juta pelanggan. Total ada 795 BTS di seuluruh Madura, dan sebanyak 380 di antaranya adalah BTS 3G.

Salah satu nelayan Kabupaten Pamekasan, Kusairi, mengaku sudah sebulan ini mencoba mFish dan hasilnya luar biasa. Karena ketika melaut mencari ikan membutuhkan waktu 2 hari, maka sebelumnya sudah mempersiapkan power bank yang bertenaga surya sehingga ketika di tengah laut bisa mengisinya. “Dengan mFish, mencari lokasi ikan lebih mudah. Dan tentunya dengan navigasi akan mempermudah kerja kita sebagai nelayan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pamekasan, Ir. Nurul Widiastutik, mengatakan tahun lalu nelayan di Kabupaten Pamekasan menghasilkan 22 ribu ton ikan. “Kami berharap dengan pemanfaatan mFish akan meningkatkan produksi perikanan yang berkelanjutan. Dan untuk mengetahui peningkatannya, kami minta para nelayan melaporkan hasilnya setelah menggunakan aplikasi mFish,” tandasnya.

Kusairi, nelayan Kab Pamekasan yang sudah merasakan manfaat mFish

Nelayan Ampenan

Sementara itu, di Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, semakin banyak nelayan yang memanfaatkan aplikasi mFish. Pada Desember 2015 ini akan ada tambahan 110 masyarakat nelayan Desa meliputi perwakilan dari 6 wilayah kecamatan dari kabupaten Pamekasan, yaitu kec Batu Marmar, kec Pasean, kec Tlanakan, kec Pademawu, kec Galis, kec Larangan yang juga akan menggunakannya. Sebelumnya, masyarakat nelayan Desa Pondok Perasi di Lombok Barat, telah lebih dulu menggunakannya.

Aplikasi mFish sendiri adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi nelayan untuk membantu meningkatan produktivitas dalam menangkap ikan di laut. Melalui aplikasi ini, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal melaut, seperti antara lain arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, cuaca secara umum, juga lokasi keberadaan plankton. Selebihnya, mFish juga membantu mereka dari sisi keselamatan, budidaya perikanan, harga ikan di pasar, dan juga pelestarian lingkungan. (ro)

Teks foto:
– Nelayan pamekasan menerima bantuan paket mFish dari XL, berupa 1 unit smartphone termasuk paket internet XL kuota 1GB selama 6 bulan, 1 unit powerbank solarcell, 1 set aksesoris anti air pelindung smartphone, di Pamekasan, Rabu (23/12/2015).

-GM Sales XL East1, Liedya Andayani (kiri) didampingi Head of Product Support Tone, Ria (kanan) menjelaskan manfaat mFish untuk nelayan Pamekasaan saat acara peluncuran mFish Pamekasan, Rabu (23/12/2015).

– (Kika); Nelayan Pamekasan, Wabup Pamekasan, Drs. Kholil Asyari, GM Sales XL East1, Liedya Andayani, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pamekasan, Ir. Nurul Widiastutik, saat pemberian bantuan kit mFish dari XL untuk nelayan Pamekasan di acara kerjasama XL-Pemkab Pamekasan, Rabu (23/12/2015).

– Kusairi (kiri), salah satu nelayan Kabupaten Pamekasan yang sudah sebulan ini merasakan manfaat penggunaan aplikasi mFish.