01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Akhir Tahun 2015, UK Petra Kembangkan Diri dengan Membuka Program Studi PG SD

Surabaya, KabarGress.com – Penguasaan ilmu adalah syarat dasar kemajuan peradaban bangsa, maka pemerintah Indonesia pun berusaha menggenjot pendidikan dengan dibukanya sejumlah besar sekolah dasar, menengah, kejuruan dan pendidikan tinggi di berbagai daerah. Usaha pemerintah dibidang pendidikan ini idealnya dilakukan secara merata di Indonesia agar kualitas pendidikan anak bangsa semakin meningkat.

Akan tetapi jika dicermati tak jarang di beberapa wilayah terjadi kesenjangan distribusi tenaga pendidik yang tidak merata baik di kota-desa, pedalaman-pesisir, wilayah barat dan timur. Universitas Kristen Petra (UK Petra) di Surabaya-Jawa Timur sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi swasta sejak 22 September tahun 1961 ini telah berperan serta dalam memajukan dan memberikan yang terbaik untuk bangsa serta masyarakat Indonesia dengan membuka berbagai program studi yang dalam perjalanannya ternyata telah memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Satu lagi perwujudan sumbangsih UK Petra di penghujung akhir tahun 2015 ini yang mengacu pada empat pilar pendidikan UNESCO yaitu: Learning to know, Learning to do, Learning to be dan Learning to Live Together, yaitu dengan dibukanya satu program studi baru yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PG SD) yang berdasarkan Surat Keputusan dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia no. 47/QPT/I/2015 tertanggal 15 September 2015 mengenai pembukaan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PG SD) Program Sarjana pada UK Petra yang diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra di Kota Surabaya.

Rektor Universitas Kristen Petra, Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc.Dr.Eng dalam sambutannya berkata:”Program Studi PG SD ini akan memulai penyelenggaraan pendidikan bagi para calon Guru yang kehadirannya sudah dinantikan di sekolah-sekolah yang sangat membutuhkan kehadiran guru-guru dengan kemampuan akademik, emotional, dan spiritual excellent. Sekolah-sekolah di Indonesia, khususnya untuk SD, selama ini banyak diisi oleh para guru yang kebanyakan memiliki latar belakang pendidikan strata satu non-guru.

Pendidikan Strata satu memang memberikan penguasaan bidang ilmu masing-masing, namun tidak memberikan dasar pemahaman yang kuat tentang hal mendasar yang dibutuhkan di SD, misalnya, tahap perkembangan anak termasuk berkebutuhan khusus, parenting, cara penyampaian materi pelajaran pada anak, serta transformasi karakter anak didik. Dalam hal ini, Fakultas Ilmu Pendidikan UK Petra terpanggil untuk menjawab kebutuhan generasi ini untuk menghadirkan pendidik-pendidik yang beriman, berintegritas, berkualitas, berkarakter dengan komitmen professional, yang berdedikasi untuk menerapkan Christian values sebagai panggilan hidupnya demi melayani generasi muda, menjadi berkat bagi bangsa dan negara Indonesia”.

Program Studi Strata Satu PG SD UK Petra ini berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan dengan masa tempuh studi delapan semester. Perkuliahan yang akan dimulai pada bulan September 2016 tersebut mengemas proses perkuliahannya tak hanya pandai text book saja akan tetapi memberikan juga ketrampilan penelitian inovatif dan kreatif yang berbasiskan pembelajaran peduli pada sesama (service learning). Dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd), para pendidik harapan bangsa ini tak hanya menjadi guru baik SD maupun privat di seluruh Indonesia akan tetapi dapat menjadi trainer.

“Dengan dibukanya program baru ini, UK Petra dengan tujuh Fakultas diharapkan mampu menjawab kebutuhan Negara Indonesia akan tenaga pendidik yang berkualitas dan berintegrasi”, rinci Rolly. Tak hanya berhenti di sini saja, UK Petra juga ingin memajukan kualitas pendidikan anak bangsa dengan terus mengembangkan diri yang dalam waktu dekat akan mendapatkan ijin operasional dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk program studi yang baru lainnya yaitu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Strata 2 (S2) Teknik Industri dan Strata 3 (S3) Teknik Sipil.

Pendidikan usia dini sangat penting, sebab kualitas bangsa bermula dari umur emas dimana PG PAUD UK Petra menjawab tantangan kebutuhan pendidik yang berkualitas yang siap untuk berkarya di seluruh pelosok tanah air. Berbeda dari program Magister Teknik Industri di Indonesia lainnya, maka program magister Teknik Industri UK Petra memiliki warna teknologi informasi yang kuat.

Penguasaan teknologi informasi yang kuat sangat membantu dalam melakukan efisiensi untuk mendapatkan data yang diperlukan, melakukan analisa data dan mengembangan teknologi industri terbaru yang selalu mengedepankan efisiensi. Sedangkan pembukaan program studi Teknik Sipil jenjang S3 UK Petra dilatar belakangi oleh keinginan berperan aktif untuk peningkatan SDM Indonesia yang lebih berkualitas. (ro)