01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Hari Pertama Puncak “Menanam Trembesi 1.350 KM Merak-Banyuwangi” Berlangsung Meriah

Mitha dan Dara -The Virgin- saat menanam pohon Cemara Gunung di kawasan Gunung Ijen yang terbakarBanyuwangi, KabarGress.com – Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui Djarum Trees For Life (DTFL) memilih pohon Trembesi untuk ditanam di sepanjang 1.350 KM jalur Pantura melalui program “Menanam Trembesi 1.350 KM Merak-Banyuwangi” yang dilaksanakan sejak tahun 2010.

Pantura dipilih karena merupakan jalur utama antarprovinsi di Pulau Jawa. Tanah yang gersang, tingkat polusi yang tinggi serta kondisi cuaca yang panas dan berdebu karena banyaknya kendaraan bermotor yang melintas merupakan permasalahan lingkungan yang harus ditangani bersama.

Berbeda dari seremoni penanaman di kota-kota sebelumnya, kali ini rangkaian acara di Banyuwangi berlangsung selama 2 hari yakni 16-17 Desember 2015. Bertempat di Lapangan Paltuding Rest Area Gunung Ijen, Diskusi Lingkungan membuka rangkaian hari pertama acara puncak Menanam Trembesi 1.350 KM Merak-Banyuwangi.

Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui Djarum Trees For Life (DTFL) memilih pohon TrembesiBakti Lingkungan Djarum Foundation melalui Djarum Trees For Life (DTFL) memilih pohon TrembesiTak kurang dari 250 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan juga tim SAR mengikuti kegiatan ini. Narasumber yang dihadirkan diantaranya Kepala Pemulihan Ekosistem, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Mimi Murdiah, Kepala Bidang KSDA Wilayah III Jawa Timur, Ir. Sunandar Trigunajasa N dan Ketua Umum Banyuwangi SAR Independent, Hary Pranowo.

Usai mengikuti Diskusi Lingkungan, para peserta juga diberikan wawasan serta pengalaman secara langsung oleh tim Pusat Pembibitan Tanaman Djarum Foundation tentang praktek pembibitan Trembesi mulai dari biji hingga penanamannya.

Bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Djarum Foundation juga mengajak seluruh peserta untuk melakukan penanaman kembali kawasan Gunung Ijen yang terbakar. Sebanyak 6.666 Cemara Gunung ditanam untuk mengembalikan fungsi hutan di area ini.

Dara dan Mitha -The Virgin- saat belajar pembibitan pohon TrembesiDara dan Mitha -The Virgin- saat belajar pembibitan pohon TrembesiTak ketinggalan duo cantik Dara dan Mitha yang tergabung dalam grup musik The Virgin juga turut berpartisipasi menanam langsung dalam acara ini. “Kami senang banget bisa partisipasi di acara ini. Bukan cuma perform sebagai musisi, tapi juga ikutan nanem langsung sebagai bentuk kepedulian kita pada lingkungan. Acara ini bagus banget apalagi buat anak muda kayak kita. Ini bermanfaat buat kita semuanya nantinya,” ungkap Dara yang diamini.

Melalui kegiatan ini diharapkan para generasi muda tidak hanya akan memiliki keperdulian terhadap lingkungan, namun juga dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi sekitarnya. Menjadi generasi yang bertanggungjawab atas kelestarian dan pesona keindahan alam Indonesia. (ro)

Teks foto:
– Mitha dan Dara (The Virgin) saat menanam pohon Cemara Gunung di kawasan Gunung Ijen yang terbakar.
– Para tokoh pendukung kegiatan penanaman pohon Trembesi di sepanjang jalur Pantura.
– Dara dan Mitha (The Virgin) belajar pembibitan pohon Trembesi.