01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Polri Gandeng BRI Tingkatkan Layanan SIM Online

JpegSurabaya, KabarGress.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menjalin kerjasama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk (BRI) dalam meningkatkan layanan program SIM online. BRI dinilai sanggup mengintegrasikan antara server data Polri dengan server data kependudukan Kementerian Dalam Negeri, serta server data Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan terkait dengan setoran Penerimaan Negara Bukan Pajak, sehingga mempermudah masyarakat dalam membuat dan memperpanjang SIM.

Di sela-sela meninjau SIM online di Taman Bungkul Surabaya, Minggu (6/12/2015), Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Eddy Hariyanto, berharap melalui SIM online, masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan perpanjangan SIM dengan sebaik-baiknya. “Masyarakat yang tidak bisa pulang di wilayahnya masing-masing, sehingga Polri ini dengan instansi yang terkait untuk memberikan kemudahan-kemudahan dalam pelayanan perpanjangan SIM. Nah mudah-mudahan perpanjangan semacam ini dimanfaatkan betul dengan masyarakat, khususnya para karyawan maupun pelajar sehingga tidak ada alasan kalau ditanya,” terang Eddy.

Sementara itu, salah satu pemohon perpanjangan SIM yang berasal dari Bali, Jessi Jessica Eli, mengatakan dapat memanfaatkan pelayanan SIM online ini. Prosesnya sangat mudah dan cepat, sehingga tidak perlu pulang ke Bali untuk memperpanjang SIM. “Ini prosesnya sangat mudah ya. Sangat cepat, sangat praktis. Langsung jadi dan ini sudah online, jadi saya gak butuh pulang lagi gitu ngurusnya,” ujarnya.

Menurut Jessica, SIM online merupakan program yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Ia berharap, selain program SIM online, pelayanan yang sama juga dapat dilakukan pemerintah seperti pelayanan untuk pembuatan dan perpanjangan KTP secara online.

JpegMenurut Kepala BRI Wilayah Surabaya, Ebeneser Girsang, dengan keikutsertaan BRI dalam sistem online tersebut merupakan hal yang membanggakan dan sangat strategis dalam rangka mendukung kegiatan kegiatan Polri dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

“Saat ini pembayaran pengurusan SIM dapat dilakukan melalui teller diseluruh unit kerja Bank BRI seluruh Indonesia dan tahun depan diharapkan masyarakat seluruh Pulau Jawa sudah bisa menikmati pelayanan melalui E-Channel Bank BRI,” terang Ebeneser.

Saat ini di seluruh indonesia Bank Rakyat Indonesia memiliki 10.551 unit kerja 21.685 ATM BRI, 156.096 EDC BRI dan 1,88 juta pengguna internet banking BRI.

Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti, saat memberikan kata sambutan launching layanan SIM Online, mengatakan diantara salah satu inovasi launching SIM Online ini tak lain untuk memberi pelayanan prima kepada masyarakat. “Kecepatan dalam pelayanan yang dilakukan oleh Polri, khususnya lalulintas terus lebih ditingkatkan,” ujar Kapolri saat memberi sambutan via online.

Petugas BRI melayani permohonan perpanjangan SIM onlineJenderal polisi berbintang empat itu menegaskan, bahwa nantinya sebelum masyarakat yang ingin memiliki SIM, terlebih dahulu pemohon SIM memiliki sertifikat dari kursus mengemudi. Jika sudah memiliki sertifikat, maka selanjutnya baru bisa mengurus SIM.

Meski demikian, pelaksanaannya belum dipastikan kapan hal itu diberlakukan bagi pemohon SIM baru. “ Langkah itu tak lain  untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas,” lanjut Kapolri sembari menambahkan di Indonesia angka laka lantas mengakibatkan korban meninggal dunia mencapai antara 50 – 60 orang per hari. Dan Kapolri juga berpesan, agar jajaran lalu lintas untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Sementara itu, cara untuk perpanjangan SIM Online diawali dengan regestrasi dengan persyaratan surat keterangan kesehatan, kartu tanda penduduk (KTP) dan formulir. Pembayaran melalui BRI, dilanjutkan identifikasi seperti foto, sidik jari dan tanda tangan. Kemudian pengambilan SIM.

Sementara itu, dalam acara Launching SIM Online, Ditlantas Polda Jatim menggelar pameran lalu lintas dari masing masing Subdit yang ada di Ditlantas Polda Jatim. Seperti pelayanan Subdit Regident menampilkan SIM keliling, Samsat keliling, SIM Online, Sosialisasi pendaftaran SIM Online.

Pelayanan Subdit Dikyasa menampilkan polisi cilik, lomba menggambar dan mewarnai serta Boneka Semeru. Sedang pelayanan Subdit Gakkum seperti Nobil Traffic Accident Analysis (TAA), mobil laka lantas dan peralatan penanganan laka lantas. Terakhir pelayanan Sat PJR, seperti mobil Patwal dan komunitas Drone. (ro)