22/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Gubernur Apresiasi Insan PU

Gubernur Jatim Soekarwo memberikan ucapan selamat kpd peserta upacara di Peringatan Hari Bakti PU ke 70 di BPPJN V Waru, Kab. Sidoarjo.Sidoarjo, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo memberikan apresiasi kepada seluruh insan Pekerjaan Umum (PU) yang telah bekerja keras dan menjadi ujung tombak pembangunan infrastruktur di Jatim. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pekerja PU, kerja keras yang telah anda lakukan, khususnya dalam membangun berbagai infrastruktur di Jatim, sangat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat” kata Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim saat memimpin Upacara Peringatan Hari Bakti PU ke-70 di halaman Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V, Kamis (3/12).

Pakde Karwo mengatakan, berkat infrastruktur yang baik, pembangunan di Jatim berjalan dengan lancar dan berimbas pada pertumbuhan ekonomi yang melaju pesat. Hingga triwulan III/2015, ekonomi Jatim mengalami pertumbuhan sebesar 5,44 persen, atau lebih baik dibanding nasional yang hanya sebesar 4,74 persen.

“Jatim menjadi engine pembangunan ekonomi nasional, pertumbuhan ekonomi kita paling tinggi diseluruh Jawa, bahkan diatas nasional. Artinya, infrastruktur kita lebih baik daripada daerah lain, infrastruktur menjadi penentu keberhasilan pembangunan” katanya.

Pakde mencontohkan, jika infrastruktur rusak, seperti jalan rusak, pelabuhan lambat, dwelling time lambat, akan berpengaruh bagi ongkos produksi. “Misal mau mengirim barang dengan truk dari pabrik di pasuruan ke pelabuhan Tanjung Perak, tapi jalannya rusak, macet, kemudian bensin lebih boros, sampai di pelabuhan, ternyata dwelling time, ini bisa jadi ongkos tambahan yang membuat produk tidak kompetitif,” ujarnya.

Kepada insan PU, Pakde Karwo berpesan agar terus bekerja keras membangun dan memelihara infrastruktur di Jatim, apalagi, era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kian dekat, dan salah satu kunci memenangkan era tersebut adalah kelancaran pembangunan yang ditunjang oleh infrastruktur yang memadai.

“Di era MEA, competitiveness kita harus terukur, baik infrastruktur, produktivitas SDM, dan pelayanan publiknya. Mari bersama-sama bekerja keras meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekali lagi, saya bangga dengan para insan PU, anda adalah ujung tombak terhadap tawaran yang diberikan dalam pasar bebas, anda adalah petarung yang siap menang di era MEA” pungkasnya. (hery)

Teks foto: Gubernur Jatim Soekarwo memberikan ucapan selamat kepada peserta upacara di Peringatan Hari Bakti PU ke 70 di BPPJN V Waru, Kab. Sidoarjo, Kamis (3/12/2015).