01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Bulog Divre Jatim Siapkan 6 Ribu Ton Beras untuk Operasi Pasar

Surabaya, KabarGress.com – Menyambut Natal dan Tahun Baru 2016, Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Jawa Timur bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur akan mengadakan Operasi Pasar (OP) bahan pokok beras, gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu. Kepala Perum Bulog Divre Jawa Timur, Witono, OP ini dilakukan dengan tujuan untuk mengendalikan harga bahan pokok menjelang dan pasca Natal serta Tahun Baru 2016.

“OP rencananya akan dilakukan secara serentak di pasar-pasar rakyat di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur ini, dimulai 18 Desember 2015 hingga menjelang Tahun baru 2016,” terangnya kepada awak media yang mewawancarai, di sela-sela acara Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016, Taman Bungkul, Surabaya, Minggu (29/11/2015).

Menurut Witono, dalam OP kali ini subsidi ongkos angkut diberikan kepada produsen pensuplay empat bahan pokok (beras, gula pasir, minyak goring dan tepung terigu), berdasarkan komoditas yang telah laku terjual pada OP. “Dan khusus OP empat bahan pokok di Surabaya, akan dipusatkan di pasar-pasar rakyat seperti Pasar Wonokromo, Pasar Pucang, Pasar Tambakrejo, dan Pasar Soponyono Rungkut,” lanjutnya.

Sementara untuk di kabupaten/kota akan dilaksanakan masing-masing dua titik, di pasar-pasar rakyat terbesar di daerah tersebut. “Dan di setiap titik yang dilakukan OP, setiap hari disiapkan beras, gula pasir, minyak goring dan tepung terigu,” katanya.

Witono juga memastikan bahan pokok yang dijual melalui OP lebih murah dari pada harga bahan pokok yang dijual di pasar-pasar tradisional. Dengan dipersiapkan ongkos angkut distribusi dan pelaksanaan operasi pasar empat bahan pokok, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan harga sama dengan harga pabrikan, yang berdampak pada stabil harga.

“Harapan akhirnya ya tentu saja bisa menekan dan terkendalinya inflasi khususnya pada bahan pokok makanan dan minuman,” imbuhnya. (ro)