20/01/2021

Jadikan yang Terdepan

IKASMANCA Gelar Bhakti Sosial Operasi Katarak Gratis

IKASMANCA gelar bhakti sosial operasi katarak gratisSurabaya, KabarGress.Com – Ikatan Alumni SMA Negeri 5 Surabaya (IKASMANCA) menggelar bhakti sosial operasi katarak gratis bagi masyarakat tidak mampu, bertempat di Klinik Dian, Komplek Perumahan Istana Dian, Gang Keramat, Wiyung, Surabaya, Sabtu (28/11/2015). Kegiatan dalam rangka memeriahkan hari Pahlawan 2015 ini sempat dihadiri Calon Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, yang juga lulusan SMA Negeri 5 Surabaya.

Sebanyak 161 warga penderita sakit mata memanfaatkan kegiatan bakti sosial Ikasmanca kali ke-7 ini. Mereka bukan hanya penduduk Surabaya, tapi juga warga dari Jombang dan Kediri. “Bakti sosial ini kami lakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan,” ungkap Ketua Panitia Bhakti Sosial, dr. Hendrian, di sela-sela kegiatan berlangsung.

“Kegiatan ini melibatkan lima dokter mata, yang semuanya anggota Ikasmanca,” timpalnya.

Dicky Hermawan, satu dari 5 dokter spesialis mata yang ikut dalam bakti sosial ini menjelaskan, kegiatan di Klinik Dian ini baru hanya sebatas screening, pemeriksaan untuk mencari penderita katarak. Warga yang sebelumnya sudah daftar, setelah diperiksa ternyata tidak semuanya menderita katarak. “Yang katarak hanya kisaran 30%, selebihnya gangguan mata biasa, rabun, dan pterygium,” katanya.

Mereka yang menderita katarak, lanjutnya, akan dioperasi secara gratis dan bertahap di Klinik Mata “Java”, Jalan Raya Darmo 127 Surabaya, mulai pekan depan tiap hari Kamis dan Sabtu.  “Dalam kegiatan operasi katarak gratis ini kami memang bekerjasama dengan Klinik Mata Java,” lanjut Dicky.

Ditegaskan, bakti sosial ini difokuskan pada penderita katarak, karena dibanding penyakit mata lainnya, katarak nomor satu penyebab kebutaan. Penyebab katarak ini sendiri, disamping karena faktor usia, juga bisa akibat radiasi matahari.

Karena itu, untuk mencegah katarak, Dicky menyarankan masyarakat banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, serta memakai kacamata dan topi untuk melindungi mata dari sengatan sinar matahari. (ro)

Teks  foto: Pelaksanaan bhakti sosial IKASMANCA dalam rangka memeriahkan hari Pahlawan 2015.