18/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Lepas 10.848 Peserta Gerak Jalan Mojokerto-surabaya

gub jatim soekarwo lepas gerak jalan mojokerto surabaya dari alun alun kota mojokerto sabtu soreMojokerto, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H.  Soekarwo melepas 10.848 peserta gerak jalan Mojokerto – Surabaya di Alun-Alun Mojokerto, Sabtu(21/11). Hingga saat pemberangkatan tercatat 10.848 orang mengikuti kegiatan ini, dengan rincian peserta perorangan 5.661 orang terdiri dari peserta wanita 2.662 orang dan peserta pria 2.999 orang. Sedangkan sisanya adalah peserta beregu terdiri dari beregu umum 534 regu, beregu TNI/Polri 32 regu dan beregu pelajar yang baru dilombakan pada tahun ini sebanyak 42 regu.

Soekarwo menuturkan gerak jalan Mojokerto-Surabaya merupakan napak tilas tauladan para pejuang 10 November 1945 yang mengorbankan nyawa untuk kemerdekaan Indonesia. Semangat pejuang  terdahulu wajib dicontoh. “Jiwa petarung pejuang harus dijadikan pelecut semangat generasi saat ini. Salahs atu contoh jiwa petarung adalah mengurangi kemiskinan dan angka kemiskinan. Itu wujud perjuangan saat ini,” ungkapnya.

Pakde Karwo sapaan akrabnya menuturkan, dengan adanya kegiatan Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya juga memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Dimana, masyarakat bisa memanfaatkan untuk berjualan disektiar rute yang dilewati oleh peserta gerak jalan.” Hal tersebut merupakan pemberdayaan ekonomi juga karena menambah income penjual,” tambahnya.

Setelah diberangkatkan dari Alun-Alun Mojokerto, seluruh peserta gerak jalan akan menempuh jarak sekitar 55 km menuju titik finish di Tugu Pahlawan Surabaya. Rute yang harus dilalui seluruh peserta yaitu Alun-alun Mojokerto – Jalan Majapahit – Jalan Bhayangkara – Jalan Gajahmada – Jalan Ajinomoto – Depan Pabrik Ciwi – Pasar Krian – Jalan Raya Trosobo – Jalan Raya Kletek – Sepanjang – Karang Pilang – Jalan Gunung Sari (Yani Golf) – Jalan Hayam Wuruk – Jalan Kutai –  Jalan Pasar Kembang – Jalan Kedung Doro – Jalan Blauran – Jalan Bubutan – Jalan Pahlawan – Jalan Kebun Rojo – Tugu Pahlawan Surabaya.

gub jatim sapa peserta gerak jalan mojokerto surabaya sabtu sore (2)Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jawa Timur Drs. Supratomo mengatakan, selain peserta gerak jalan perjuangan ajang ini juga akan diramaikan dengan kehadiran sekitar 4.000 komunitas sepeda kuno yang pengendaranya mengenakan baju perjuangan. Peserta sepeda kuno dari berbagai daerah seperti Kalimantan, Jabar, DKI Jakarta, Jogya, Jateng dan wilayah Jatim.

“Rute gerak jalan ini merupakan rute napak tilas para pejuang kemerdekaan. Karenanya peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun ini kita peringati dengan digelarnya gerak jalan ini. Maknanya agar generasi penerus terus ingat dalam perjuangan melawan penjajah 70 tahun yang lalu, semua pejuang dari berbagai daerah berkumpul di Mojokerto untuk menuju Surabaya melawan penjajah,” tegas mantan Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Jatim ini. (hery)