12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Nestlé DANCOW BATITA Gerakan Senam Tanggap! Berlanjut di Surabaya

* Kerja sama dengan PAUD untuk membantu optimalisasi tumbuh kembang anak melalui nutrisi dan stimulasi yang tepat

Senam tanggap di SurabayaSurabaya, KabarGress.Com – Nestlé DANCOW BATITA hadirkan Gerakan Senam Tanggap! di Surabaya hari ini untuk membantu anak usia prasekolah mencapai tumbuh kembang yang optimal melalui penekanan pada aspek stimulasi, melengkapi aspek nutrisi. Bekerja sama dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Gerakan Senam Tanggap! yang telah diluncurkan September lalu di Jakarta merupakan kelanjutan dari program Posyandu Tumbuh-Aktif-Tanggap (TAT) bersama PKK. Surabaya merupakan kota ke-14 dari keseluruhan penyelenggaraan Gerakan Senam Tanggap! di 17 kota di Indonesia.

Berdasarkan laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, prevalensi gizi buruk pada anak usia balita dalam skala nasional mencapai 19,6%, bertubuh pendek (stunting) sebanyak 37,2% dan obesitas 11,9%. Kondisi seperti ini disebut sebagai beban ganda malnutrisi di mana terdapat anak-anak yang masih mengalami malnutrisi, namun di sisi lain terdapat juga anak-anak yang obesitas.

Gerakan Senam Tanggap! Surabaya 1Kondisi-kondisi tersebut dapat menghambat tumbuh kembang si Kecil sehingga tidak optimal dan juga membuat mereka menjadi rentan terhadap penyakit tidak menular seperti diabetes, stroke, penyakit jantung dan lainnya. Di Jawa Timur sendiri, balita dengan gizi buruk mencapai 1,15%, stunting 28,8% dan obesitas 1,58%.

Menurut pakar gizi masyarakat Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, nutrisi dan stimulasi merupakan dua aspek penting dalam mencapai tumbuh kembang anak yang optimal. “Nutrisi seperti minyak ikan, zat besi dan zink dapat merangsang ketanggapan anak untuk merespon lingkungan sekitarnya. Sementara nutrisi membantu dari dalam, stimulasi akan mendorong perkembangan kognitif dari luar,” papar Prof. Ali.

Gerakan Senam Tanggap! Surabaya 2“Gerakan Senam Tanggap! kami harapkan dapat menjadi cara untuk menstimulasi otot motorik kasar si Kecil dalam proses tumbuh kembangnya, sehingga mereka menjadi anak yang tanggap karena senam ini tidak saja dapat membuat tubuh menjadi lentur, tetapi juga melatih keterampilan motorik, koordinasi penglihatan serta mengasah kemampuan sosialisasi pada anak,” ujar Trida Rachel Angelina, Brand Manager Nestlé DANCOW BATITA.

Rangkaian Gerakan Senam Tanggap! yang merupakan hasil pengembangan Nestlé DANCOW BATITA bersama dengan Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS serta psikolog dan pakar stimulasi pada anak Dra. Mayke S. Tedjasaputra, M.Si ini dimulai dengan pembekalan pengetahuan mengenai nutrisi dan stimulasi yang tepat kepada para guru di 765 PAUD di Indonesia melalui Kelas Guru PAUD Tanggap!.

Gerakan Senam Tanggap! Surabaya 3Para guru yang telah mengikuti kelas tersebut diharapkan dapat berbagi pengetahuan kepada para orang tua dan murid dengan cara melakukan senam setidaknya seminggu sekali di PAUD. (ro)

Teks foto:
– Senam Tanggap! merupakan kegiatan senam yang dirancang untuk anak usia prasekolah yang bertujuan untuk membantu mencapai tumbuh kembang yang optimal melalui penekanan pada aspek stimulasi, melengkapi aspek nutrisi.

– Sesi pembukaan Gerakan Senam Tanggap! Surabaya. (Kiri-kanan): Kornelius Koko Irwanto, Nestlé CAE East Java Region; Psikolog dan pakar stimulasi pada anak Dra. Mayke S. Tedjasaputra, M.Si; Pakar gizi masyarakat Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS; Dyah, Perwakilan UPTD Wilayah 4 Kota Surabaya; Agus Setiono, S.Pd, Kedua II Himpaudi Jawa Timur; Trida Rachel Angelina, Brand Manager Nestlé DANCOW BATITA; Nur Shilla Christianto, Head of Corporate Communication Nestlé Indonesia; Gita Tri Atmojo, Nestlé Sales Promotion Manager East Java Region.

– Acara bincang-bincang media Gerakan Senam Tanggap! Surabaya. (Kiri-kanan): Nur Shilla Christianto, Head of Corporate Communication Nestlé Indonesia; Psikolog dan pakar stimulasi pada anak Dra. Mayke S. Tedjasaputra, M.Si; Pakar gizi masyarakat Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS; Trida Rachel Angelina, Brand Manager Nestlé DANCOW BATITA.

– PAUD Anggrek diumumkan sebagai pemenang Kompetisi Senam Tanggap! Surabaya, yang akan lanjut ke final tingkat nasional di Jakarta pada Desember 2015 nanti untuk mewakili kota Surabaya.