22/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Dekatkan Diri ke Masyarakat, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Fun Run 5K

Gus Ipul Didampingi Dirut BPJS Ketenagakerjaan Melakukan Tos Dengan Salah Satu Peserta 5K Fun Run 2015 di Garis StartSurabaya, KabarGress.com – Dalam rangka mendekatkan diri kepada masyarakat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan semakin gencar mensosialisasikan program-programnya. Salah satu caranya, menggelar kegiatan bertajuk BPJS Ketenagakerjaan Fun Run 5K nasional, dengan start/finish di parkiran Giant Margorejo, Surabaya, pada Sabtu (21/11/2015) pagi.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti pelari Surabaya dan Jawa Timur, tapi juga dari beberapa daerah lain. Bahkan, lomba yang diikuti lebih dari 1.200 pelari ini, justru hanya menempatkan pelari tuan rumah Surabaya sebagai juara buncit di kelompok putri.

Lomba lari yang dibuka Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya ini, untuk kelompok putra akhirnya dijuarai Hamid dari Solo, disusul Ranto dari Rajawali Magelang sebagai Juara II, Wiriyawan asal Siliwangi Juara III, dan Rahmat Setiyabudi dari SMANOR Sidoarjo serta Sutikno asal Lumajang sebagai Juara IV dan V.

Untuk kelompok putri, Juara I direbut Yulianingsih asal Mojokerto, Juara II Ambar Winarsih dari Jateng, Juara III Kosidah dari Jabar, dan Juara IV serta V yang sama-sama Surabaya atas nama Citra Anita dan Sarah.

Gus Ipul Didampingi Dirut BPJS Ketenagakerjaan Berdialog Dengan Juara 1 Putri BPJS Ketenagakerjaan 5K Fun Run 2015Lomba lari 5 kilometer ini, selain diadakan di Surabaya juga diselenggarakan di beberapa kota seperti Batam, Medan, Makassar, Serang, Balikpapan, Denpasar, Bandung, Semarang, dan puncaknya di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada 13 Desember 2015.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menjalin kedekatan BPJS Ketenagakerjaan dengan masyarakat sekaligus menginformasikan kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk segera mendaftarkan diri,” kata Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Elvyn G Masassya.

Dari kegiatan ini target peserta di setiap kota sebanyak 1.000 orang. Tetapi khusus pada acara puncak di Plasa Selatan Stadion Gelora Bung Karno pada 13 Desember 2015 mendatang, pesertanya ditargetkan lebih dari 5000 pelari.

“Ini salah satu rangkaian menjelang acara puncak sekaligus memperingati HUT BPJS Ketenagakerjaan yang ke-38. Dengan tingginya animo masyarakat Jakarta terhadap kegiatan olahraga lari, panitia meyakini peserta di Jakarta bisa mencapai 5000 orang,” ujarnya.

Gus Ipul Bersama Dirut BPJS Ketenagakerjaan Berfoto Bersama Para Pemenang 5K Fun Run 2015  BPJS KetenagakerjaanElvyn menambahkan, diadakannya ‘BPJS Ketenagakerjaan Fun Run 5K’ ini  bertujuan untuk mendekatkan BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat khususnya pekerja. Sehingga, melalui kegiatan ini akan terwujud masyarakat pekerja yang sehat dan gembira yang berdampak pada meningkatnya produktivitas kerja.

Di Surabaya, ‘BPJS Ketenagakerjaan Fun Run 5K’ diikuti oleh 1.200 peserta lari dari berbagai profesi dan usia. “Ini bukan terakhir dan akan dilakukan tiap tahun supaya kami lebih mendekatkan diri pada masyarakat dan mengolahragakan masyarakat agar sehat,” imbuhnya.

Disinggung tentang kinerja BPJS Ketenagakerjaan, dikatakan hingga Oktober 2015 sudah mendekati target yang ditetapkan untuk periode 2015 secara keseluruhan. Disebutkan pula, penerimaan iuran per bulan Oktober 2015 mencapai Rp27,89 triliun, atau 81,19 persen dari target tahun 2015 sebesar Rp34,35 triliun.

Sejalan dengan itu, pencapaian kepesertaan pada Oktober 2015 untuk tenaga kerja aktif 19.034,658 peserta atau setara dengan 99,66% dari target 2015. Dana investasi yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan per Oktober 2015 sebesar Rp198,64 triliun dengan hasil investasi Rp14,71 triliun, dan pembayaran jaminan Rp11,1 triliun.

Gus Ipul Melakukan Senam Bersama Dirut dan Staf BPJS Ketenagakerjaan Pada Event 5K Fun Run 2015Kinerja BPJS Ketenagakerjaan di Jatim juga terus mengalami peningkatan. Penerimaan iuran per Oktober mencapai Rp2,366 triliun, melampui target sebesar 100,82 persen. Pencapaian kepesertaan bulan Oktober untuk tenaga kerja aktif 1.455.155 peserta atau sebesar 101,15 persen.

Khusus di Jawa Timur, Kakanwil BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Abdul Cholik, mengatakan, jumlah tenaga kerja yang jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tercatat 1,455 juta pekerja. Dia mengimbau kepada seluruh perusahaan dan peuntuk mendaftarkan karyawannya,” jelasnya. (ro)