22/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul: Hadapi MEA, KUMKM Harus Terus Berbenah dan Tidak Terlena

Wagub Jatim Saifullah Yusuf menyampaikan sambutan dihadapan undangan sebelum membuka Expo Koperasi dan UMKM di Convex Grand City.Surabaya, KabarGress.com – Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Koperasi dan Usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) harus terus berbenah diri dan tidak terlena dengan dukungan yang diberikan pemerintah. Hal itu disampaikan Wagub Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf saat membuka Expo Koperasi dan UMKM ke-3 Tahun 2015 “Quality Product & Best Price” di Convex Grand City Surabaya, Rabu (18/11).

Ia mengatakan, koperasi dan UMKM merupakan penyokong dan tulang punggung perekonomian Jatim. Sebanyak 95 persen tenaga kerja di Jatim terserap di sektor KUMKM. Untuk itu, KUMKM harus terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan produk, membuka pasar dan jaringan, serta perlu untuk bermitra.

“Pemprov Jatim sangat terbantu oleh sektor koperasi dan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian kita. Karena didukung besar oleh pemerintah, koperasi dan UMKM harus mau berbenah dan meningkatkan daya saing. Jangan sampai sektor KUMKM ini terlena dan tidak melakukan inovasi,” tegas Gus Ipul sapaan lekatnya.

Lebih lanjut disampaikannya, di era yang dihadapi saat ini sangat beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Persaingan menjadi semakin ketat, produk-produk akan dipelajari degan seksama oleh konsumen. Hal tersebut membutuhkan kerja keras dari sektor koperasi dan UMKM di Jatim untuk menghadapi MEA.

Wagub Jatim Saifullah Yusuf didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim I Made Sukarta melihat pameran di stand Expo Koperasi dan UMKM di Convex Grand CityDikatakannya, dari sektor pembiayaan, pemerintah sudah berusaha dengan memberikan sejumlah paket pembiayaan untuk sektor KUMKM, Bank Jatim menjadi APEX Bank untuk Bank Perkreditan Rkaat dengan suku bungan yang lebih rendah dari pebankan umum.

Dari segi pengembangan pasar, penguatan pasar dalam negeri merupakan hal yang penting. Hingga kini, Pemprov Jatim telah membuka kantor perwakilan dagang (KPD) di 26 provinsi di Indonesia. Selain itu, Pemprov Jatim juga mengikutsertakan KUMKM dalam pameran dagang antar provinsi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur Dr. Ir. I Made Sukartha, CES melaporkan Expo Koperasi dan UMKM ke-3 Tahun 2015 menampilkan produk-produk industri kreatif unggulan koperasi dan UMKM Jatim.

Kegiatan ini menyediakan media promosi bagi penggiat koperasi yang jumlahnya mencapai 31.171 koperasi dan 6,8 juta UMKM di Jatim, dalam upaya meningkatkan akses pasar dan salah satu pilar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jatim.

Selain itu, kegiatan ini menjadi media evaluasi dan pembelajaran untuk membangun sinergi antar pelaku KUMKM. Expo yang dilaksanakan 18-22 November 2015 ini diikuti sebanyak 245 stan dari 209 stan indoor dan 36 stan outdoor yang tidak hanya dari Jatim, tetapi juga diikuti luar daerah Jatim. Expo semakin meriah dengan diadakannya Festival kopi. (hery/ro)