12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Clariant Umumkan Investasi Baru Bernilai Jutaan Dollar

Clariant Umumkan Investasi Baru Bernilai Jutaan DollarMuttenz, KabarGress.com – Clariant, perusahaan terkemuka dunia dalam bahan kimia khusus mengumumkan investasi terbarunya yang bernilai jutaan dollar dalam acara peletakan batu pertama pada tanggal 5 November 2015 di Java  Integrated Industrial & Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur, dimana proses konstruksi telah secara resmi dimulai untuk pengembangan fase pertama fasilitas multi fungsi yang akan memungkinkan Clariant untuk semakin menegaskan kehadirannya di Indonesia dan Asia.

Dengan telah dimilikinya 5 fasilitas produksi dan 3 pusat teknis di Indonesia, lokasi baru milik Clariant di Jawa Timur ini – yang dianggap sebagai pusat industri kimia di masa datang, akan lebih jauh menegaskan komitmen Clariant terhadap potensi yang ada di pasar Asia yang terus berkembang.

“Investasi baru ini menggambarkan betapa pentingnya wilayah Asia Tenggara dan Pasifik sebagai pusat pertumbuhan bagi Clariant. Lokasi yang akan kami bangun di Gresik tersebut merupakan bagian dari strategi yang sangat penting yang akan membantu kami menangkap peluang pertumbuhan di masa depan di Asia. Dengan langkah ini kami juga terus menambah kemampuan manufakturing dan sekaligus mensinergikan jaringan produksi kami dari 6 lokasi di Indonesia“, demikian dikatakan Christian Kohlpaintner, anggota Komite Eksekutif Clariant pada acara peletakan batu pertama.

Pemilihan pembangunan lokasi baru di JIIPE ini dikarenakan Clariant ingin memanfaatkan dukungan berkualitas yang tersedia di kawasan industri tersebut untuk berbagai aspek operasionalnya. Sebagai contoh, pelabuhan laut dalam, jalan tol dan bandara internasional yang terletak dalam jangkauan JIIPE dapat memberikan dukungan logistik yang kuat untuk pengiriman ke tujuan domestik maupun internasional.

“Dengan infrastruktur yang sangat baik dan jaringan logistik yang menjangkau pulau Jawa, pulau-pulau lain di Indonesia dan bahkan negara tetangga, saya percaya bahwa lokasi ini akan memperkuat kemampuan kami untuk memberikan nilai tambah pada jasa kami yang dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik dan pelanggan kami“, demikian disampaikan Hans Herrel, Country Head of Indonesia Clariant di acara peletakan batu pertama.

Fasilitas pertama untuk memulai operasional di lokasi baru ini adalah pabrikbleaching earth yang baru di bawah Bisnis Segmen Functional Minerals. Diharapkan pada awal 2017 fasilitas tersebut sudah dapat digunakan dengan fasilitas-fasilitas dari Bisnis Segmen Clariant yang lain dapat bergabung dan bersama-sama mengembangkan lokasi tersebut menjadi lokasi multi fungsi bagi Clariant di masa depan. (ro)