01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

IKASMANCA Luncurkan Website dan ID-CARD Multi Manfaat

Ikasmanca 2015-2020Surabaya, KabarGress.Com – Ikatan Alumni SMAN 5 (IKASMANCA) Kota Surabaya, menggelar Pelantikan Pengurus Pusat dan Rakernas IKASMANCA 2015-2020, bertempat di Hotel Elmi, Sabtu (14/11/2015). Dalam rangkaian acara yang sama juga diluncurkan website www.ikasmanca.org serta ID-CARD IKASMANCA.

“Website www.ikasmanca.org ini kami harapkan bermanfaat tidak hanya bagi alumni SMAN 5 Surabaya, tetapi juga almamater dan masyarakat. Sedangkan ID Card Ikasmanca selain sebagai identitas alumni juga memiliki multi manfaat. Jumlah alumni telah mencapai 30 ribu. Dan kami telah bekerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya Askrindo, Bank Bukopin, Bank UMKM Jawa Timur,” ungkap Ketua Umum Ikasmanca, Ir. Oktavijanto Putro, di sela-sela acara.

Mengingat setiap tahun jumlah alumni SMAN 5 Surabaya terus bertambah dan keberadaan mereka juga menyebar ke berbagai daerah, bahkan sampai keluar negeri, maka untuk terus menjalin komunikasi dengan sesama alumni, dan juga memfasilitasi para alumni dalam berbagai bidang, Ikasmanca kemudian meluncurkan website tersebut. “Selama ini, komunikasi yang digunakan antar alumni melalui media sosial whatsap,” ujarnya.

Menurut Ketum Ikasmanca yang kelima ini, dalam perjalanannya nanti, website itu akan melakukan kerjasama dengan Perum Bulog. Konsepnya berupa e-commerce yang saat ini sedang menjadi tren dalam dunia dagang. “Bulog ambil barang dari masyarakat, kemudian kami beli ke Bulog lewat alumni. Yang menangani kegiatan ini adalah bidang business forum. Dan kami tidak hanya menaruh informasi mengenai usaha, tetapi juga melakukan kerjasama dengan sesama alumni. Misal ada alumni yang jadi dokter, kontraktor, dan lainnya,” paparnya.

Selain itu, di website Ikasmanca, ada sejumlah informasi mengenai event, hari ulang tahun, hingga kegiatan alumni yang bisa diakses oleh alumni maupun masyarakat. Namun, Putro menjelaskan, ada perbedaan soal akses identitas anggota dalam website. “Untuk anggota yang ingin mengetahui identitas sesama alumni, bisa register dulu. Setelah itu diverifikasi datanya,” jelasnya.

Senada dengan Putro, Wakil Ketua Bidang Publikasi dan Informasi, Sentot Boedi Karyono menambahkan, peluncuran website itu dilakukan setelah pengurus baru terbentuk. Dia sependapat, website ikasmanca tidak hanya dikhususkan untuk alumni SMAN 5 Surabaya saja, tapi juga masyarakat umum.

“Untuk anggota alumni bisa masuk, tapi mereka sebagai e commerce. Disitu juga ada kerjasama, kalau butuh lawyer tinggal klik siapa lawyer yang tercantuk sebagai alumni. Tapi pada intinya salah satunya bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi,” ujar Sentot. (ro)