02/06/2020

Jadikan yang Terdepan

Bio-oil dari Kulit Nangka dan Putri Malu Penangkal Infeksi

Surabaya, KabarGress.com – Maraknya aksi demo terkait BBM acapkali terjadi akibat harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terus melangit. Hal tersebut bukan tanpa sebab yang tak jelas, kita sadar bahwa keberadaan BBM di Indonesia saat ini semakin minim dan berkurang. Dituntut menjadi masyarakat yang bijak, kita harus dapat berhemat dan cermat dalam penggunaan BBM.

Tak hanya berdiam diri dan mengutuk kebijakan pemerintah mengenai BBM, Cynthia Widjaja seorang mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) membuat sebuah inovasi baru yang ia harapkan dapat diterapkan dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Dengan memanfaatkan kulit buah nangka, ia menyulapnya menjadi bahan bakar yang memiliki manfaat yaitu bio-oil.  

Di sisi lain, kekayaan alam Indonesia yang tidak ada habisnya membuat penelitian demi penelitian baru terus bermunculan. Berawal dari sebuah jurnal yang menyatakan efek meningkatkan kekebalan tubuh dari tanaman putri malu, Jovianto Renaldo Soenarjo, mahasiswa Fakultas Farmas UKWMS tertarik meneliti lebih dalam mengenai efek ekstrak tanaman putri malu terhadap jumlah sel makrofag dan neutrofil.

“Memang sudah banyak penelitian terhadap berbagai manfaat tumbuhan yang ada di Indonesia seperti kunyit, kulit manggis, dan bunga rosella, tapi dari penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai manfaat tumbuhan lain seperti putri malu,” tutur Jovianto yang tengah sibuk melanjutkan studi profesi apoteker agar dapat masuk dunia industri ke depannya.  

Selain dua karya ilmiah di atas, masih ada 21 karya ilmiah lain dari Wisudawan dengan predikat Mahasiswa Prestasi Akademik Terbaik dan Mahasiswa Aktif Berprestasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Periode II Tahun 2015. Karya-karya tersebut antara lain Sambiloto Melawan Pneumonia, Gantikan Lemak dengan Kacang Merah, Ball Tracking Robot dan masih banyak lainnya. (ro)