12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Belajar LIGHT dalam Science Film Festival 2015 di UK Petra

Surabaya, KabarGress.com – Belajar sambil bermain atau belajar sambil menonton film, mungkinkah? Ini semua mungkin terjadi hanya dalam gelaran Science Film Festival (SFF) 2015 yang mengambil tema LIGHT (cahaya) selama tiga hari mulai tanggal 12 – 14 November 2015 yang akan datang di Auditorium Universitas Kristen Petra. Kegiatan belajar yang menyenangkan ini merupakan hasil kerjasama antara UK Petra dengan Goethe-Institut Indonesia selama tiga hari berturut – turut mulai pukul 08.30-10.30 WIB.

Beragam kegiatan akan digelar pada SFF 2015 ini, “akan ada pemutaran film mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), demo eksperimen sains, pameran karya sains UK Petra hingga workshop lampion painting”, urai Dian Wulandari, S.IIP. selaku Kepala Perpustakaan UK Petra.

SFF ini sendiri merupakan kegiatan tahunan bertujuan untuk membangkitkan budaya menonton sekaligus sebagai media pembelajaran yang menyenangkan khususnya film iptek bagi anak-anak mulai Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Sekitar 18 film akan diputar diantaranya Earth to Future, The Light Elephant dan masih banyak lainnya. “Mendukung kegiatan ini, sengaja juga kami tampilkan beberapa karya dari Program Studi/Program yang ada di UK Petra berhubungan dengan iptek diantaranya Sains Tata Cahaya, Instrumen Pemantul Cahaya Langit, Daylighting Architecture, Solar-Wind-Bioclimatic Architecture, Riset Solar Tube, Analisa Harmonisa Akibat penggunaan Lampu LED-LHE dan sepeda statis penghasil energy listrik”, ungkap Dian lebih lanjut saat ditemui di Perpustakaan beberapa waktu yang lalu.

Film yang menggabungkan unsur pendidikan dan hiburan ini akan diputar secara bergiliran di hadapan para siswa SDN Siwalankerto II&III, SDN Kutisari I-III, SD Kyai Ibrahim, SMP-SMA Bina Bangsa, SMK Negeri 12, SMKN 3 hingga SD-SMP Pelita Bangsa-Lumajang dengan jumlah total kurang lebih 1.500 siswa. Workshop Lampion Painting yang mengambil tema Menggores Cita Dalam Pelita ini akan diselenggarakan selama dua hari oleh Aniendya Christianna, S.Sn., M.Med. Kom-Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra kepada 50 peserta.

Hari pertama (Kamis, 12/11) dimulai pukul 09.00 WIB di depan Auditorium sedangkan hari kedua pada hari Sabtu, 14 November 2015 mulai pukul 11.00 WIB akan digelar di ruang teater Perpustakaan UK Petra, gedung Radius Prawiro lantai 5. Karya apik para peserta workshop ini nantinya akan dipamerkan di Ruang Perpustakaan UK Petra lantai 6 gedung Radius Prawiro selama dua minggu. (ro)