12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Pentingnya Menanam Pohon untuk Hadapi Perubahan Iklim

* Jelang Hari Menanam Pohon Indonesia 2015

Tri-Rismaharini-didampingi-FX-Supanji-surabaya Des2014Surabaya, KabarGress.com – Sustainable Development Goals (SDGs) dicanangkan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk periode 2015-2030. SDGs adalah kelanjutan dari Millenium Development Goals (SDGs) yang berakhir pada 2015.

SDGs membahas 17 goal (target) untuk mewujudkan kehidupan dunia yang adil, sejahtera, dan damai, yang bebas dari kemiskinan, kesenjangan, keterbelakangan, pandemi, kekerasan, terorisme, dan kerusakan lingkungan hidup serta perubahan iklim.

Goal ke-13 SDGs tentang Perubahan Iklim (Climate Change) mengamanatkan untuk mengambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya. Di dalamnya terjabar antara lain tujuan untuk memperkuat ketahanan dan kapasitas adaptasi terhadap bahaya terkait iklim serta bencana alam di semua negara.

Berbagai penelitian yang telah dilakukan para ahli selama beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa hari demi hari bumi semakin panas. Hal itu disepakati oleh semua warga bumi sebagai pemanasan global.

Kontributor terbesar pemanasan global salah satunya adalah rusaknya hutan yang seharusnya berfungsi sebagai penyimpan CO2. Pohon-pohon yang mati melepaskan CO2 yang tersimpan di dalam jaringannya ke atmosfer.

Menurut pakar hukum lingkungan Universitas Airlangga Suparto Wijoyo, pemanasan global adalah dampak dari revolusi industri. “Bila pemanasan global terus tidak terkendali, akibat yang dirasakan Indonesia adalah tenggelamnya pulau-pulau di Indonesia,” ujar Suparto Wijoyo.

Dampak nyata dari pemanasan global dapat dirasakan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya pulau Jawa yang penduduknya paling padat diantara wilayah pulau-pulau Nusantara lainnya.

Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura) selama ini dikenal sebagai kawasan yang memiliki suhu paling panas. Penyebab teriknya matahari di kawasan ini antara lain tingginya gas karbon dari kendaraan bermotor yang setiap hari melintas. Selain itu berkurangnya pohon-pohon yang berfungsi sebagai penyerap bahan pencemar udara.

Endes N. Dahlan, dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, mengatakan, diperlukan banyak pohon yang berfungsi sebagai penyerap dan penjerap bahan pencemar dan debu di udara yang dihasilkan kendaraan bermotor. “Selain sebagai peneduh, pohon yang ditanam sebagai penghijauan seyogyanya juga mempertimbangkan fungsinya yang lain, yakni memperbaiki iklim mikro serta berfungsi sebagai penahan terhadap penyebaran polusi udara dari kendaraan,” ujar Endes N. Dahlan.

Namun, semakin berkurangnya jumlah pohon yang memiliki banyak fungsi untuk kelestarian lingkungan belum banyak disadari oleh sebagian besar masyarakat. Alih-alih memiliki kesadaran untuk menanam kembali pohon, justru semakin mengurangi populasi pohon yang dampaknya sangat merugikan tidak hanya bagi manusia, tapi juga bagi makhluk hidup lainnya.

Menyadari perlunya sedikit “paksaan” kepada masyarakat untuk menanam pohon, terbitlah Keputusan Presiden Indonesia No.24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia. Kegiatan (HMPI) yang diperingati setiap tanggal 28 November.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan, sesuai dengan goal 13 Sustainable Development Goals (SDGs).

Djarum Foundation melalui program Djarum Trees for Life, juga mempunyai beberapa program penghijauan dan pencegahan erosi lahan hijau yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah kegiatan “Menanam Trembesi 1.350 KM Merak – Banyuwangi” yang telah dilaksanakan sejak tahun 2010.

Hingga pertengahan 2015, Djarum Trees For Life telah berhasil menanam 36.763 pohon trembesi, di sepanjang 1.260 km jalur Pantura mulai dari Merak di Provinsi Banten hingga Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pohon Trembesi yang nantinya tumbuh diharapkan mampu menyerap 1 juta ton gas CO2 setiap tahunnya. Hal ini selaras dengan tujuan SDGs, yakni memperkuat ketahanan dan kapasitas adaptasi terhadap bahaya terkait iklim serta bencana alam.

Pada 17 Desember 2015, kegiatan “Menanam Trembesi 1.350 KM Merak-Banyuwangi” akan mencapai puncaknya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (ro)