10/08/2020

Jadikan yang Terdepan

Pembangunan Gedung Baru DPRD Surabaya, Capai Rp30 Milyar

Surabaya, KabarGress.Com – Pembangunan gedung baru di DPRD Kota Surabaya yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2016, mencapai anggaran sebesar Rp30 Milyar dan akan dibangun 9 lantai. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil ketua DPRD kota Surabaya, Masduki Toha.

Mantan wakil ketua komisi D DPRD kota Surabaya tersebut mengatakan, penambahan pembangunan gedung baru dipusatkan diberbagai titik. Diantaranya, masjid, lahan parkir yang berada di belakang gedung, serta Dewan Kesenian Surabaya (DKS).

“Memang direncanakan nanti tahun 2016, semuanya mulai jalan. Mulai dari DED (Detail Enggenering Design)nya. Pokoknya pada tahun 2016 semuanya mulai dijalankan,” ungkap Masduki.

Dirinya menuturkan, selain tiga tempat tersebut seluruh ruangan baik ruangan komisi, Badan Anggaran (Banggar), dan Badan Musyawarah (Banmus) akan dilakukan renovasi. Serta nanti juga akan disediakan masing-masing ruangan untuk seluruh anggota dewan yang berjumlah 50 orang.

“Ruang Banmus dan Banggar kenapa kok ikut direnovasi, karena kita tahu sendiri kalau ada pembahasan yang mengundang masyarakat banyak, ruangan selalu sesak dan hampir tidak ada ruang kosong untuk bergerak. Dan untuk ruangan bagi masing-masing anggota itu memang benar,” ujarnya.

Namun, wacana pembangunan gedung ini masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat Surabaya. Pasalnya, masayarakat menilai penambahan gedung baru ini tidak terlalu urgent jika dibandingkan masih banyak masyarakat yang perekonomianya masih dibawah standart.

“Kalau memang penambahan pembangunan gedung baru ini dinilai masyarakat kurang tepat ini tidak benar. Toh, kami (legislatif) masih memikirkan nasib rakyat miskin. Jadi tidak mengurangi sepeserpun untuk rakyat yang membutuhkan,” pungkasnya. (tur)