Penjualan Oli Pertamina Segmen Industri Turun

JpegSurabaya, KabarGress.com – Kondisi perekonomian global yang melambat berpengaruh besar pada penjualan oli segmen industri milik Pertamina Marketing Operation V. “Dibandingkan tahun lalu, penurunannya hingga mencapai 7 persen. Bahkan penurunan penjualan lebih tinggi dibandingkan segmen otomotif,” ungkap Region Manager Marketing V Pertamina Lubricant, Dholly Arifun, di sela-sela acara penyerahan hadiah mobil dan motor kepada pemenang program Tumpah Ruah Rezeki Pertamina periode 9 di Surabaya, Rabu (28/10/2015).

Menurutnya, penurunan segmen industri memang sangat terasa dibanding segmen otomotif yang hanya mengalami penurunan sekitar 5 persen. Namun demikian, secara market share atau penguasaan pangsa pasar oli di wilayah Operation V, Pertamina Lubricant masih menguasai sekitar 55 persen dibanding dengan produk oli di luar Pertamina.

Dan karena penurunan itu, diharapkan hingga akhir tahun ini target omzet bisa mencapai Rp2,1 trilun, atau sama dengan tahun 2014. “Target omzet hingga akhir tahun harus realistis, minimal sama dengan tahun 2014 yakni Rp2,1 trilyun,” ujarnya.

“Jadi tidak ada penurunan target meski ada penurunan penjualan akibat perlambatan perekonomian global,” tandasnya, sembari menambahkan kalau hingga Oktober ini target tahun ini telah mencapai 75 persen, atau tinggal sekitar 5 persen dari total target tahun 2014.

Dikatakan, untuk mencapai target itu dirinya akan terus memberi motivasi, di antaranya dengan melakukan promosi atau pemberian hadiah, khususnya kepada pelanggan otomotif yang sesuai data lebih besar dibanding pelanggan industri.

“Segmen oli Pertamina untuk industri saat ini mencapai 51 persen, sedangkan otomotif 61 persen. Kita akan terus mendorong agar ada peningkatan,” tutupnya. (ro)

Teks foto: Region Manager Marketing V Pertamina Lubricant, Dolly Arifun, ketika menyerahkan hadiah mobil dan sepeda motor kepada pelanggan oli lubricant.

Leave a Reply


*