24/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Sambutan Hangat Bagi Delegasi Kenegaraan Denmark

gub jatim dampingi pangeran denmark makan siang di hotel majapahit sabtu siangSurabaya, KabarGress.com – Mewakili Pemerintah dan masyarakat Jatim, Gubernur DR. H. Soekarwo menghaturkan selamat datang dan mengutarakan rasa hormatnya atas kunjungan delegasi Denmark dalam prosesi jamuan makan siang di Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu (24/10). Dalam kunjungan kali ini, delegasi dipimpin langsung oleh Yang Mulia Prince-Consort Henrik.

Dalam sambutannya di sela jamuan makan siang, Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini menjelaskan Jatim sebagai salah satu propinsi yang mendorong pertumbuhan ekonomi. Menurutnya pertumbuhan ekonomi Jatim dalam dua tahun terakhir mencapai 5,86 % pada tahun 2014 dan 5,22% di semester pertama tahun 2015 ini. Angka di atas lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,02% tahun 2014 dan menurun menjadi 4,76% di semester pertama tahun ini.

Dalam aspek perdagangan, Pakde Karwo menyampaikan bahwa sesuai data, neraca perdagangan Jatim menunjukkan surplus. “Di semester pertama tahun 2015, Jatim berhasil mencatatkan ekspor sebesar 29.118 juta Dollar Amerika serta impor sebesar 24.291 juta Dollar Amerika, sehingga kami masih surplus 4.192 Juta Dollar”, ujarnya.

Secara khusus, Pakde Karwo memberi gambaran kerjasama bisnis antara Jatim dan Denmark. Total investasi perusahaan asal Denmark di Jawa Timur pada semester pertama mencapai sekitar 40,01 Juta Dollar Amerika untuk delapan proyek yang mampu membuka lapangan kerja bagi 1.715 orang.

Saat ini terdapat lima perusahaan besar dari Denmark yang ada di Jatim, ialah ECCO (perusahaan sepatu), Denindo Intergrated Fishery Industry (industri perikanan air tawar), Parama Fibertech (industri papan fiber), Quality Works (furnitur baja), dan Multi Rasa (industri penyedap rasa).

Jamuan makan siang kali ini merupakan bentuk sambutan hangat Pemerintah Jatim terhadap kedatangan rombongan Kenegaraan Denmark. Sebelumnya, Gubernur dan rombongan melakukan kunjungan ke PT. PAL Surabaya untuk meninjau produksi kapal perang kualitas ekspor.

Turut hadir dalam jamuan makan siang kali ini adalah Lars Christian Lilleholt selaku Menteri Energi, Layanan Umum dan Iklim Denmark, perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Denmark, Kementerian Energi, Layanan Umum dan Iklim Denmark, Kedutaan Besar Denmark, Konfederasi Perdagangan Denmark, serta pengusaha. Sementara dari Jatim turut hadir Pejabat di lingkungan Pemprov Jatim, perwakilan BUMN, serta pengusaha.

Rencananya setelah jamuan makan siang akan diadakan pertemuan bisnis antara pengusaha Denmark dan Jatim. (hery)