01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Usulkan Tema “Indonesia in Corporate” Pada Munas HIPMI

Gub Jatim menerima panita sidang pleno dan MUNAS HIPMI di ruang kerja.jpg1Surabaya, KabarGress.com – Gubernur Jatim, DR. H. Soekarwo mengusulkan “Indonesia in Corporate” sebagai tema utama dari Sidang Dewan Pleno dan Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang rencananya akan digelar pada tanggal 6-7 November mendatang di Surabaya. Hal ini disampaikan Gubernur saat menerima kunjungan pengurus pusat dan daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Ruang Kerja Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Jum’at (23/10).

Lebih lanjut menurutnya, “Indonesia in Corporate” sangat tepat dengan kondisi perekonomian saat ini, sehingga dapat mendorong transaksi one on one business meeting. Salah satunya dengan melibatkan keberadaan BPD HIPMI di daerah. Hal ini diharapkan dapat memperkuat perekonomian dalam negeri.

Ia berharap pada acara munas yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI tersebut dapat menghasilkan poin-poin yang menjadi masukan pemerintah dalam menentukan kebijakan ekonomi mendatang. “Substansi munas harus diperkuat sehingga mampu memberikan masukan yang konkret pada Pemeritah dalam menentukan kebijakan ekonomi”, ujarnya.

Gubernur mendukung dan menyambut baik pelaksanaan Sidang Dewan Pleno dan Musyawarah Nasional di Surabaya. Ia juga mengusulkan agar diadakan pra-kongres sebelum pelaksanaan Munas agar pokok materi dapat dibahas sebelumnya dan menjadi bahan di pertemuan utama.

Menurut Saifudin HS, Sekretaris Panitia Sidang Dewan Pleno dan Musyawarah Nasional HIPMI mendatang, Jatim dipilih sebagai tempat penyelenggaraan karena industri dan perekonomiannya yang terus meningkat. “Kami ingin melibatkan semua elemen baik pengusaha, birokrasi dan warga Jatim untuk terlibat dalam munas tersebut”, ujarnya.

Sidang Dewan Pleno merupakan kegiatan rutin HIPMI yang dilaksanakan 2 kali dalam 1 periode dengan agenda sinkronisasi tentang program kerja, sedangkan Musyawarah Nasional merupakan pertemuan rutin yang beragendakan pembahasan regulasi internal. Acara ini akan dihadiri oleh seluruh Badan Perwakilan Pusat (BPP) dan Badan Perwakilan Daerah (BPD) HIPMI seluruh Indonesia.

Terima Kunjungan Presdir PT. Hisamitsu Pharma Indonesia

Sebelumnya pada kesempatan yang sama Gubernur Jatim menerima kunjungan Presiden Direktur PT. Hisamitsu Pharma Indonesia, Kawaguchi Nobuyuki di Ruang Kerja Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Jum’at (23/10).

Pada kesempatan tersebut Gubernur berharap perluasan dan penambahan kapasitas pabrik PT Hisamitsu Pharma Indonesia di Sidoarjo diiringi dengan peningkatan penggunaan bahan baku dalam negeri dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

“Saat ini penggunaan bahan baku dalam negeri oleh PT. Hisamitsu masih 70%, saya minta kedepannya naik menjadi 80%”, ujar Pakde Karwo sapaan akrabnya. Ia menambahkan, kedepan dapat dilakukan riset mengenai bahan baku lokal terutama dari Jatim.

Lebih lanjut menurutnya, perluasan dan penambahan kapasitas pabrik diharapkan dapat meningkatkan ekspor dalam negeri. “Saya berharap tahun depan ekspor dapat meningkat 20%”, ujarnya.

PT Hisamitsu Pharma Indonesia sebagai produsen Salonpas melakukan perluasan dan penambahan kapasitas di pabriknya yang berlokasi di Sidoarjo. Rencananya pada tanggal 25 November 2015 nanti akan dilakukan peresmian gedung baru dengan mengundang Gubernur Jatim. (hery)