18/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Wisudawan Unmuh Surabaya Wajib Abdikan Ilmu pada Masyarakat

Wagub Jatim, Ketua Muhammadiyah Jatim dan Rektor Unmuh Surabaya membentangkan spanduk Berbeda itu IndahSurabaya, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf menegaskan, para wisudawan/wisudawati Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Surabaya wajib mengabdikan ilmunya pada masyarakat.  “Sekaranglah, saatnya lulusan perguruan tinggi Unmuh Surabaya untuk mengabdikan ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan guna mentransferkan ilmu kepada masyarakat dan lingkungan kita berada,” tegas Gus Ipul sapaan lekat Wagub dalam  rapat terbuka Wisuda ke 37 Unmuh Surabaya di Gramedia Expo, Sabtu (17/10).

Ia mengatakan, Ilmu yang diperoleh selama kuliah, harus bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan lingkungan sekitar sekaligus pada orang lain dengan intelektualnya sehingga bisa memberi manfaat bagi orang lain.  Setelah mengabdikan ilmu kepada masyarakat, wisudawan/wisudawati harus mampu melakukan penelitian dengan kajian-kajian mendalam sehingga melahirkan karya-karya luar biasa.

“Karya-karya itu nantinya digunakan oleh generasi yang akan datang. Wisudawan/wisudawati harus terus mengamalkan ilmu guna meningkatkan pembangunan di lingkungan sekitar. Apalagi  ilmunya yang diperoleh bisa mempengaruhi pengambil kebijakan daerah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Ipul juga memberikan tips cara bisa menjadi pemenang bagi lingkungannya agar  bisa diterima masyarakat. Tips, pertama yakni generasi muda harus memiliki kecerdasan yang cukup. “Kita senang melihat anak muda cerdas dan memiliki ilmu cukup. Bahkan kita senang jika diri kita dianggap cerdas oleh orang lain,” terangnya.

Kedua, generasi muda harus memiliki Spiritual Happyness atau kedekatan dengan tuhan. Artinya, generasi muda yang memiliki kecerdasan haruslah dekat dengan tuhannya. “Inilah yang akan menjadi kekuatan luar biasa. Jika orang pintar dan memilki kedekatan dengan tuhan akan menjadi orang yang tidak mudah putus asa,” imbuhnya.

Tips terakhir, jika generasi muda telah memiliki kecerdasan dan kedekatan dengan tuhannya, mereka  harus memiliki Fisikal Happynes atau kebahagiaan, serta berpenampilan baik. “Disamping cerdas, pintar dan dekat tuhan haruslah memiliki penampilan menarik. dan mempengaruhi kepercayaan masyarakat. Saya kira Unmuh Surabaya telah mengajarkannya kepada lulusan mahasiswa menjadi manusia unggul,” pungkasnya. (ro/hery)