02/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Anak Jerapah Lahir, Lengkapi 6 Koleksi Lainnya

Anak Jerapah Lahir, Lengkapi 6 Koleksi LainnyaPasuruan, KabarGress.com – Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan kembali mendapatkan keluarga baru. Pada  minggu (4/10), salah satu penghuni kawasan Afrika yaitu jerapah kembali melahirkan anaknya. Ini merupakan kelahiran anak jerapah ke 6 di Taman Safari Indonesia II. 

Anak jerapah yang baru lahir kali ini  berjenis kelamin betina. Lahir secara normal pada pukul 17.30 WIB dari indukan bernama Jahari (5th) dan pejantan bernama Davi (13 th). Keeper (perawat) Jerapah Taman Safari Indonesia II Edi Sutono mengatakan, ini merupakan kelahiran pertama dari indukan Jahari yang merupakan jerapah indukan yang didatangkan dari kebun binatang di Kanada.

“Mungkin karena ini merupakan kelahiran anak pertama proses kelahirannya berlangsung agak lama yaitu lebih dari 3 jam, sedangkan kelahiran anak jerapah sebelumnya normalnya hanya berlangsung selama kurang lebih 2 jam”, tambah Edi yang sudah 18 tahun menjadi keeper jerapah ini bersemangat.

Anak jerapah dengan tinggi 1,5 meter tersebut untuk sementara masih berada di kandang karantina dan dalam pengawasan keeper beserta tim medis. Ini dilakukan agar proses perkembanganya bisa terus dipantau dengan baik. Diperkirakan pengunjung Taman Safari Indonesia II baru bisa melihat anak jerapah ini pada 2-3 bulan ke depan.  

“Kami sangat senang dengan kelahiran bayi jerapah ini. Meski proses kelahirannya terbilang lama, namun tim kami telah bekerja keras agar kelahiran ini berjalan aman,” ungkap Kurator Taman Safari Indonesia II, Drh Ivan Chandra. Hasilnya, lanjut Ivan, anak jerapah berhasil lahir secara normal dan melengkapi 6 koleksi lain satwa jerapah di Taman Safari Indonesia II.

Tahun 2011 lalu, Taman Safari Indonesia II bahkan telah menghibahkan 2 jerapah ke Taman Safari Indonesia I (bogor). Tingkat kelahiran yang tinggi satwa khas benua Afrika di Taman Safari Indonesia II ini menjadikan Taman Safari Indonesia II sebagai salah satu pusat pengembangbiakan Jerapah di Indonesia. (ro)