01/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Rakuten Belanja Online Memperkuat Komitmen untuk Meningkatkan Ekonomi Lokal di Surabaya Melalui Rakuten Dream Merchant

JpegSurabaya, KabarGress.Com – Rakuten Belanja Online, pemimpin global dalam industri e-commerce, meluncurkan program Rakuten Dream Merchant dalam upaya pemberdayaan merchant dan meningkatkan ekonomi lokal. Peluncuran ini dilakukan di sela-sela seminar edukasi UMKM “Fasilitasi Kerjasama Kemitraan Melalui Penguatan Strategi Pemasaran UMKM” yang diselenggarakan pada hari ini bekerjasama dengan BKPPM Surabaya.

Seminar edukasi UMKM mengundang 58 UMKM dari Surabaya, dengan tujuan untuk memberikan UMKM lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari pengetahuan dan wawasan RBO selama 15 tahun pengalaman di industry ini.

“Kami sangat senang dengan adanya dukungan dari Rakuten Belanja Online sebagai perusahaan e-commerce global yang terpercaya untuk seminar edukasi UMKM ini. Kami yakin jika bekerjasama dengan pihak yang memiliki kesamaan filosofi dan saling bersinergi, dapat mendorong lebih banyak UMKM untuk menggunakan e-commerce. Kami harapkan di masa depan, para pelaku UMKM lokal dapat bersaing di tingkat global,” jelas Drs. Eko Agus Supiadi Sapoetro, MM, Kepala BKPPM Kota Surabaya.

Program Rakuten Dream Merchant bertujuan untuk mendorong UMKM melakukan transformasi bisnis dari offline menuju online serta memaksimalkan penggunaan e-commerce dalam meningkatkan usaha mereka. Surabaya, kotya terbesar kedua di Indonesia, memiliki lebih dari 10.000 UMKM serta meningkatnya pebisnis yang semakin melek teknologi dan melihat potensi e-commerce sebagai masa depan bisnis mereka.

Pasar e-commerce Indonesia diproyeksikan akan melebihi nilai 18 milyar dolar A.S. pada akhir 2015, namun kurang dari 1% UKM lokal telah yang memanfaatkan e-commerce untuk mengembangkan bisnis mereka.

Yasunobu Hashimoto, Direktur Rakuten Belanja Online menjelaskan bahwa pengembangan UKM merupakan salah satu prioritas Rakuten Belanja Online tahun ini, “Program ini merupakan sebuah langkah penting bagi Rakuten Belanja Online  untuk mendukung UMKM Indonesia. Kami memilih Surabaya untuk peluncuran program Rakuten Dream Merchant dikarenakan potensi ekonomi lokal yang luar biasa. Melalui program ini, kami yakin pelaku UMKM di Surabaya dapat menggunakan e-commerce dan teknologi digital secara lebih baik bersama Rakuten. Melalui program ini, kami berharap dapat mendorong merchant untuk menggapai impian mereka.”

Rakuten Dream Merchant terbuka bagi seluruh UMKM di Indonesia, khususnya mereka yang telah bergabung dengan Rakuten Belanja Online sejak Juni 2015. Peserta akan diseleksi untuk selanjutnya mengikuti serangkaian kompetisi selama tiga bulan. Melalui kompetisi ini, Rakuten Belanja Online akan mendukung mereka dalam mewujudkan impian untuk terjun ke pasar global dan menjadi Rakuten Dream Merchant yang pertama.

Sejak diluncurkan September 2013, RBO telah berkomitmen membantu mengembangkan bisnis merchant di Bandung, Surabaya, Jogjakarta dan Medan, serta telah membantu lebih dari 250 merchant memulai bisnis online mereka dan menawarkan produk-produk lokal unik mereka ke basis pelanggan yang lebih luas.

Rakuten Belanja Online menjanjikan kemudahan bagi UKM dan pemilik usaha online di seluruh wilayah Indonesia, untuk memasarkan produk dan membangun basis pelanggan. Selain menyediakan tools, seperti Global E-Commerce Platform yang memudahkan pemilik toko online untuk mendesain toko mereka sendiri, Rakuten Belanja Online juga memberikan layanan konsultasi dengan tujuan membantu para pedagang mengatasi tantangan dan meningkatkan penjualan.

Berbagi pengalaman bersama RBO pada saat seminar di Surabaya, Davin, pemilik Delicio Cheese Jam menyampaikan, “Dengan bergabung dalam RBO, pedagang usaha kecil dan menengah seperti kami dapat mengembangkan basis pelanggan dan menumbuhkan bisnis dengan efisien. Program ini menawarkan kesempatan bagi pemilik bisnis individual untuk memasuki pasar e-commerce dengan mudah dan didukung sistem e-commerce Rakuten yang bisa diandalkan.”

UMKM yang tertarik untuk bergabung dalam program Rakuten Dream Merchant dapat mendaftarkan diri dengan menghubungi sales Rakuten Belanja Online melalui email sales@rakuten.co.id atau 021-29612933. (ro)