12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Suzuki New Ertiga Makin Mengerti Kemauan Konsumen

JpegSurabaya, KabarGress.Com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali mengguncangkan pasar otomotif Low Multi Purpose  Vehicle (LMPV) lewat launching generasi tergress seri Ertiga, yakni New Ertiga. “Memenuhi keinginan konsumen terhadap kendaraan multiguna yang mengerti keluarga, New Ertiga menjadi jawabannya,” ungkap Manager Region Jawa Timur, PT Sejahtera Buana Trada, Wahyu Sudrajat, di sela-sela acara peluncuran New Ertiga di Ciputra World Surabaya (CWS), Selasa (22/9/2015).

Menurutnya, tantangan tersebut dibuktikan dengan 30 perubahan pada varian baru tersebut. “Kami mengubah secara signifikan semua bagian di varian baru kami, New Ertiga ada 30 bagian yang diubah demi melayani keinginan konsumen/pengguna Suzuki, khususnya di New Ertiga. Dari 30 perubahan tersebut, 10 diantaranya adalah perubahan pada bagian utama. Untuk yang 20 perubahan kami buat di bagian-bagian tertentu yang tidak kelihatan,” ungkap Wahyu.

New Ertiga yang banyak diubah komponen pendukungnya itu dirancang semakin mengerti akan kebutuhan keluarga Indonesia. “Tagline kami ‘Makin Mengerti’, bukan sekadar isapan jempol, tapi memang benar adanya, dengan beragam keunggulan,” tutur Wahyu, yang mengaku baru tiga bulan ini bertugas di Jawa Timur.

Disebutkan, pada medio Juli 2015 sudah ada 1.255 unit yang terjual di pasaran dan Agustus 2015 terjual 1.108 unit dari total 9.473 unit all varian Suzuki (YoY). Diakui, bilangan tersebut terjadi penurunan penjualan karena kondisi perekonomian nasional yang kurang memberikan iklim segar pada daya beli masyarakat. “Tapi, di Jatim market share kami naik 11,03 persen, terhitung sampai dengan Agustus 2015,” timpalnya.

Suzuki New Ertiga Surabaya 1Namun, lanjut Wahyu, pada Juli-Agustus 2015, penjualan di Jatim turun 9 persen dari total market. Angka di Jatim tersebut diperoleh dari market share yang sebelumnya 13,1%, turun ke 12,7%. “Dari 9.400 unit ke 8.600 unit dari market share seluruh merek mobil di Jatim. Untuk segmen Bonet atau Low MPV turun 36 persen, begitu juga dengan jenis pick up turun 9 persen. Tapi, kami memiliki keyakinan target 15 persen market share akan tercapai di tahun ini,” tekadnya.

Varian baru dari Suzuki ini, masih kata Wahyu, memiliki keunggulan pada roda depan (front wheel drive). Praktis, membuat performa penerus generasi baru Ertiga yang sejak 2012 dikenalkan ke publik tersebut semakin responsif dan lebih irit bahan bakar hingga 8%. “Karena, tenaga mesin langsung didistribusikan ke roda. Apalagi, ditambah dengan kabin yang senyap dan luas, semakin mengokohkan New Ertiga sebagai kendaraan paling layak,” ujarnya.

Dijelaskan, peluncuran New Ertiga ini merupakan upaya memberikan inovasi kepada konsumen Suzuki di Indonesia. Ia mengatakan, semua itu dihadirkan untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang mengacu pada keamanan, kemewahan, irit dan kenyamanan.

“Jadi, 30 ubahan New Ertiga itu merupakan tambahan yang seluruhnya kami singkat AMIN, yaitu Aman, Mewah, Irit dan Nyaman. Semua ubahan itu telah melalui riset, yang kami padukan dengan masukan konsumen, termasuk diler, klub, penggemar otomotif dan juga media tentunya,” cetusnya.

Suzuki New Ertiga Surabaya 2Apalagi, tampilan New Ertiga yang memiliki sepuluh perubahan utama dan 20 perubahan tambahan itu kian elegan dengan warna dan corak menggoda, mulai dari tipe GA, GL hingga GX. Menariknya, ada 7 varian warna yang bisa dipilih konsumen pada semua tipe, seperti Lilac Grey, Snow White, Cool Black, Silky Silver, Burgundy Red, Radiant Red dan Graphite Grey.

Dengan kesepuluh perubahan utama dan dua puluh perubahan tambahan, New Ertiga diluncurkan dengan harga yang kompetitif. Dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) di wilayah Jawa Timur tipe GA Rp181.000.000, tipe GL MT Rp199.000.000, tipe GL AT Rp212.000.000, tipe GX MT Rp207.500.000 serta tipe GX AT dengan harga Rp219.500.000. (ro)