01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Resmikan Gelora Joko Samudro Tahap I

gub jatim soekarwo di dampingi bupati dan wakil bupati gresik meresmikan gelora joko samudro selasa sore (3)Gresik, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo meresmikan Gelora Joko Samudro (GJS) Gresik Tahap I, Selasa (22/9) sore. GJS yang terletak di kawasan Bukit Lengis, Jalan Veteran Gresik masih dalam penyelesaian tahap pertama. Untuk tahap pertama ini, GJS mampu menampung sekitar 24 ribu orang.  Namun jika selesai semua mampu menampung 48-50 ribu orang. Acara peresmian dimulai pukul 15.30 WIB dan dihadiri ribuan orang yang semangat mengikuti kegiatan soft launching GJS. Sepanjang areal parkir atau lahan kosong di luar stadion penuh sesak oleh kendaraan pengunjung bahkan meluber hingga ke bahu Jalan Raya Veteran.

Sebelum diresmikan, penonton yang memadati stadion sejak siang hari, dihibur dengan berbagai macam atraksi. Acara dibuka dengan penampilan komunitas drone yang mengitari sudut-sudut stadion. Selain itu, soft launching GJS semakin meriah dengan penampilan tarian kolosan “Pesona Gelora Joko Samudro” dari 750 pelajar SMA-SMK se-Kabupaten Gresik. Mereka menampilkan tarian dari berbagai daerah di nusantara. Tepuk tangan meriah dari ribuan hadirin di bangku tribun mengiringi penampilan tari nusantara tersebut.

Pakde Karwo, sapaan lekatnya, mengapresiasi pembangunan GJS Gresik. Sebuah pembangunan yang memiliki makna penting dalam dunia keolahragaan baik bagi masyarakat kabupaten Gresik, Provinsi Jatim, nasional maupun internasional. “Terima kasih kepada Pemkab Gresik atas pembangunan Gelora Joko Samudro. Pembangunan ini maknanya dalam olahraga tidak sekedar stadion, tetapi membangun peradaban sportifitas, kejujuran, dan menghargai kalah dan menang dalam pertandingan. Ada nilai yang luar biasa,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, pembangunan Kabupaten Gresik sangat pesat. Bupati dan Wabup Gresik telah menjadikan tempat ini sebagai pertemuan peradaban internasional yang nantinya akan dimanfaatkan para atlet baik tingkat daerah, nasional maupun internasional. “Ini merupakan lompatan penting dalam pembangunan fisik. Ada pesan yang dalam yakni membangun peradaban. Pembangunan stadion dan infrastruktur lainnya harus dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat,” imbuhnya.

gub jatim soekarwo di dampingi bupati dan wakil bupati gresik meresmikan gelora joko samudro selasa sore (1)Pakde Karwo berharapa dengan adanya stadion dan kompleks olahraga ini (Stadion Gelora Joko Samudro) nantinya diharapkan akan terjadi kemajuan dan peningkatan prestasi olahraga di Gresik, guna menunjang prestasi olahraga Jawa Timur.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari mengatakan, pembangunan GJS baru memasuki tahap pertama. pembangunan stadion memang belum sepenuhnya sempurna. Pembangunannya baru tahap pertama baru bisa menampung sekitar 24.000 penonton. Pemkab Gresik berkomitmen untuk terus melanjutkan pembangunan ke tahap berikutnya. Targetnya, semua sisi stadion harus tertutup tribun dengan tinggi yang sama. Kini tribun lima lantai hanya terdapat di sisi barat.

“Ini adalah doa dan kebanggaan seluruh masyarakat Kabupaten Gresik. Siapapun yang memimpin  Kabupaten Gresik berikutnya dapat melanjutkan pengerjaan stadion hingga tuntas,” tegasnya. (hery)