29/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Dua Puluh Wirausaha Sosial Muda Diumumkan sebagai Semi-Finalis Project Inspire

Salah satu peserta dari Indonesia terpilih sebagai semi-finalis dalam ajang project inspire tahun ini 

Tweet: NEWS: @Proj_Inspire announces 20 young social #entrepreneurs as semi-finalists http://news.mstr.cd/1XE4ied

Jakarta, KabarGress.com – Komite UN Women Singapura dan MasterCarddengan bangga mengumumkan 20 wirausaha sosial muda sebagai semi-finalis resmi Project Inspire: 5 Minutes to Change the World 2015.

Bertepatan dengan tahun penyelenggaraan kelimanya, kompetisi ini berhasil menarik lebih dari 430 pendaftar yang berasal dari 65 negara di seluruh dunia. Kedua puluh semi-finalis tersebut mewakili berbagai proyek kegiatan sosial mulai budidaya zat pewarna tradisional di Indonesia hingga aplikasi pendidikan kesehatan perempuan di Afrika Selatan.

Dengan banyaknya jumlah pendaftar tahun ini yang memiliki kualitas terbaik sejak kompetisi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2011, Project Inspiremenyambut bergabungnya partner baru yakni IPA Global dan Mazars untuk membantu proses penjurian dan uji kelayakan berdasarkan keahlian masing-masing relawan.

Pendaftar yang berusia 18-35 tahun diminta untuk menyerahkan sebuah ide berkelanjutan yang memanfaatkan sebuah rancangan ataupun teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas hidup wanita dan anak-anak perempuan di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika, untuk mendapatkan kesempatan memenangkan dana hibah sebesar US$25.000 guna membantu mengimplementasikan proyek/program mereka di lapangan.

Anggota masyarakat juga diundang untuk berpartisipasi dengan cara memberi dukungan kepada semi-finalis favorit mereka melalui laman crowdfunding Project Inspire milik Crowdfunding Partner, Chuffed. The People’s Choice Awardakan dianugerahkan kepada project semi-finalis yang mendapatkan jumlah pendukung kampanye crowdfunding tertinggi dan akan segera dinobatkan sebagai finalis, memberikan kesempatan kepada kelompok untuk mempresentasikan ide mereka untuk mendapatkan US$ 25.000 pada acara Grand Final di Singapura. Kampanye akan berlangsung mulai dari Selasa, 15 September 2015 hingga 15 Oktober 2015.

Indonesia berhasil mengirimkan perwakilannya untuk masuk menjadi 20 semi-finalis pada project inspire tahun ini. Dengan project berjudul Integrating Economic Empowerment into Cultural Preservation, Yayasan Planet Indonesia (peserta dari Indonesia) ingin melestarikan barang-barang yang kaya akan nilai budaya (kerajinan tangan dan karya seni) dari perempuan adat Kalimantan Barat. Secara ekonomi, project ini akan memberdayakan para perempuan adat Kalimantan Barat dan memberikan peningkatan pendapatan melalui konversi lahan yang terdegradasi menjadi kebun komunitas yang dikelola oleh perempuan. Yayasan Planet Indonesia akan memanfaatkan hubungan mereka dengan pembeli dan pasar internasional, untuk memastikan peningkatan akses ke rantai distribusi bagi para perempuan adat Kalimantan Barat ini.

Sembilan finalis Project Inspire akan diumumkan pada hari Rabu, 30 September 2015. Pemenang The People’s Choice Award akan diumumkan pada akhir kampanye crowdfunding pada hari Kamis, 15 Oktober 2015. Pemenang diputuskan oleh panel juri dan akan diumumkan pada acara Grand Final di Singapura pada hari Jumat, 13 November 2015.

Tantangan tahun ini menyambut kembali partner jangka panjang yang berkomitmen terhadap pemberdayaan perempuan dan kewirausahaan sosial: Partner Pengetahuan INSEAD: The Business School for the World; Partner Strategis Bain & Company; dan, Partner Pendukung, Hilton Worldwide dan Top 3 Media. (ro)