01/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Waspada MEA, Ciputra World Bekerjasama dengan PD Pasar Surya Berikan Pelatihan Pedagang

Dosen Pariwisata Universitas Ciputra World, Lexi Pranata Budidharmanto dan Plt Dirut PD Pasar Surya, Bambang ParekesitSurabaya, KabarGress.Com – Untuk menghadapi persaingan pasar bebas atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Ciputra World bekerjasama dengan PD Pasar Surya Kayon memberikan pelatihan entrepeneurship kepada sejumlah pedagang di Surabaya selama dua hari yakni 7-8 September di Universitas Ciputra World.

Dosen Pariwisata Universitas Ciputra World, Lexi Pranata Budidharmanto mengatakan, acara ini diharapkan mampu dijadikan bekal oleh para pedagang untuk menghadapi MEA. Mengingat persaingan di dunia perdagangan semakin ketat.

“Hal ini adalah sebuah langkah awal, kalau memang terbina kembali, akan ada topik lagi yang lebih berkembang untuk di implementasikan di pasar kayoon bahkan kalau bisa di seluruh pasar,” katanya, Selasa (8/9/2015).

Dirinya menuturkan, pelatihan ini lebih menekankan pada 3 aspek yakni, Pelayanan, Manjerial, dan Sistem Pengelolaan Keuangan. “Tetapi ketiganya kami rangkum dalam satu topik yakni entrepeneurship dimana nantinya pedagang lebih siap dalam menghadapi MEA tahun 2016 mendatang,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, masyarakat memang dituntut untuk mendirikan sebuah ekonomi dalam bidang kewirausahaan agar menjadi masyarakat yang mandiri dan bisa menciptakan hal yang inovasi. Salah satu solusinya ialah mendirikan UMKM untuk membebaskan keterpurukan ekonomi.

“Maka dari itu dengan adanya pelatihan ini diharapakan memberikan wawasan, sehingga apa yang mereka cita-citakan bisa terjadi dan berkembang,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Dirut PD Pasar Surya, Bambang Parekesit menambahkan, dengan adanya MEA yang akan bergulir pada tahun 2016 mendatang, PD pasar surya dan Ciputra World bekerjasama untuk memberikan pelatihan. Pasalnya, MEA adalah suatu bentuk gempuran ekonomi. Artinya jika masyarakat tidak siap, maka akan dijajah bangsa asing dalam konteks perekonomian.

“Makanya kami berterimakasih kepada universitas Ciputra World yang memberikan pelatihan kepada ┬ápedagang yang ada di PD pasar surya untuk menghadapi MEA,” pungkasnya. (tur)