26/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Dandim Bangkalan: Penanaman Wawasan Kebangsaan Harus Sejak Dini

Bangkalan, KabarGress.com – Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Infanteri Sunardi Istanto, SH., mengatakan salah satu bidang yang harus ada dalam pendidikan nilai moral adalah penanaman nilai moral nasionalisme termasuk cinta terhadap kekayaan bahari. Seperti diketahui bahwa di era globalisasi ini wawasan kebangsaan menjadi sangat penting untuk diberikan kepada anak usia dini.

“Jadi, persoalan wawasankebangsaan ini harus ditanamkan sejak sekolah dasar dan terus berlanjut hingga perguruan tinggi sehingga anak-anak kita memiliki benteng yang kuat dalam menghadapi pengaruh global. Kalau kita kuat,” jelas Dandim.

Semantara kegiatan yang dilaksanakan jajaran Kodim dan sedang berlangung, dilaksanakan oleh Koramil 06/Kwanyar Kodim 0829/Bangkalan, Kapten Infanteri Mediono Darmadi bersama Babinsa Kwanyar Serda Ma’mun dan Serda Sukriyanto membantu Pembina Pramuka SMPN 1 Kwanyar. Materi-materi yang diberikan adalah wawasan kebangsaanmelalui kegiatan kepramukaan diikuti sebanyak 150 orang.

Di sela kegiatan Danramil06/Kwanyar Kapten Inf Mediono Darmadi mengatakan bahwa, dengan adanyakegiatan seperti ini diharapkan nantinya anak-anak akan tumbuh menjadi generasi-generasi bangsa yang mencintai negeri dan tanah airnya. Sebaliknya jika anak-anak tidak dibekali nilai-nilai wawasan kebangsaan yang kuat, di masa mendatang akan sangat rentan “dijajah” oleh berbagai hal dari luar. Penjajahan ini diantaranya budaya, tingkah laku dan lain sebagainya,” jelasnya, Minggu, (6/9/2015)

Sedangkan kegiatan Koramil 16/Sepuluh Kodim 0829/Bangkalan, Babinsa Sumar memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SDN Desa Saplasa Kecamatan Sepulu KabupatenBangkalan. Materi-materi yang diberikan adalah materi PBB (Peraturan baris berbaris), diikuti sebanyak 72 orang.

Danramil 16/Sepuluh Kapten Inf Yusron mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menumbuhkan disiplin, loyalitas, setia kawan dan Nasionalisme generasi muda khususnya para pelajar sejak dini, agar mampu menjadi pemuda-pemuda yang tangguh dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Diharapkan kedepannya, setelah mengikuti materi wawasan kebangsaan ini tertanam nasionalisme didada setiap siswa-siswi SDN Desa Saplasa Kec Sepulu Kab Bangkalan, sehingga tidak muncul fikiran-fikiran yang negatif dan akan menjadi generasi penerus bangsa yang handal dan mampu bersaing dengan daerah lain bahkan internasional,” pungkasnya. (hery)