28/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Ribuan Massa Serbu KPU Surabaya

Ribuan massa serbu KPU SurabayaSurabaya, KabarGress.Com – Ribuan warga  yang tergabung dalam Gerakan Warga Surabaya Mengugat, menggelar demonstrasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Kamis (3/9/2015). Mereka, menuntut agar KPU berjalan sesuai aturan sehingga Pilkada Surabaya bisa digelar 2015.

Aksi yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB ini, sudah diantisipasi oleh pihak kepolisian sehingga tidak sampai terjadi kericuhan. Para pengunjuk rasa ini membawa spanduk dan poster bertuliskan “bubarkan KPU”, “Pilkada Surabaya 2015 harga mati”,  “KPU begal pilkada” dan lainnya”.

Pihak kepolisan memasang kawat berduri sebagai bentuk pengamanan di sepanjang kantor KPU Surabaya di Jalan Aditiyawarman Surbaya. Serta di Jalan Adityawarman sendiri di depan KPU Surabaya arah Jl. Mayjend Sungkono ditutup total mengingat banyaknya massa aksi.

“KPU Surabaya telah melanggar mekanisme pelaksanaan pilkada yang telah ditetapkan sendiri,” kata salah satu korlap aksi Sukadar, saat berorasi di depan ribuan warga.

Sukadar mengatakan, dibukanya kembali pendaftaran sampai tiga kali ini menunjukkan KPU Surabaya tidak melaksanakan prosedur yang benar. Hal ini dikarenakan KPU diduga telah dipengaruhi pihak-pihak lain agar pilkada gagal digelar pada 2015 ini.

“Ini sama saja, KPU melakukan upaya pembegalan terhadap pilkada. Jika persoalan bakal Cawawali Surabaya Dhimam Abror dinyatakan rekomendasi dari DPP PAN hanya berupa scan, kenapa KPU tidak menolaknya sejak awal. Melainkan pada detik-detik terakhir KPU memutuskan Abror tidak memenuhi syarat,” teriaknya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya meminta Ketua KPU Surabaya (Robiyan Arifin) memberikan penjelasan di hadapan ribuan warga yang demonstrasi. Agar masyarakat mengetahui hal apa yang sebenarnya mengganjal Pilkada ini.

Namun pihak KPU Surabaya belum memberikan keputusan untuk menemui para demonstran. Massa aksi sempat emosi sehingga melempar tomat busuk kepada para aparat keamanan yang berjaga di depan masuk kantor KPU Surabaya. (tur)