12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Gubernur Dukung Konferensi Rotary Club District 3420 Indonesia Timur

Pakde KarwoSurabaya, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo siap mendukung konferensi komunitas non–profit, Rotary Club District 3420 wilayah Indonesia Timur pada bulan Mei 2016 mendatang di Surabaya. Kesiapan itu disampaikan Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim saat menerima Presiden Rotarcy Club District 3420 wilayah Indonesia Timur, Mufid Wahyudi beserta rombongan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (3/9).

Pada kesempatan itu, Mufid Wahyudi mengatakan, bahwa tujuan kunjungannya kepada Pakde Karwo adalah untuk memperkenalkan diri pasca terpilih sebagai Presiden Rotary Club District 3420 Indonesia Timur yang baru, dan menjabarkan program-program kegiatan sosial yang akan dilaksanakannya.

“Rotary merupakan sebuah organisasi pengabdian kemanusiaan yang telah berumur 110 tahun secara langsung melayani masyarakat yang membutuhkan, terus bergerak dan berkembang ke seluruh pelosok dunia. Hingga kini, jumlah membernya mencapai 1,2 juta orang. Di Indonesia, Rotary Club sudah ada sejak tahun 1928, di Jatim sendiri ada 52 club” katanya.

Mufid mencanangkan kegiatan skala nasional di antaranya meneruskan tradisi donor darah dan pengadaan peralatan PMI (Palang Merah Indonesia). Di samping itu, peningkatan pembuatan sejuta jamban bersama pemerintah dan TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan pembuatan bak keramik di rumah-rumah penduduk pedesaan untuk penanggulangan demam berdarah.

Gubernur Jatim Pakde Karwo menerima tamu dari Rotary Club Surabaya di Gedung Negara Grahadi Surabaya (1)Pada Mei 2016 mendatang, Rotary Club District 3420 akan mengadakan konferensi yang dihadiri oleh Gubernur Distrik dari seluruh dunia, tema yang diangkat adalah “Jaran Kepang”, selain itu, juga menampilkan potensi-potensi dan kesenian dari Jawa Timur.

“Dalam konferensi tersebut, kami melaporkan seluruh kegiatan kami kepada seluruh peserta pada 2015. Kami mohon perkenaan Bapak Gubernur untuk membuka acara ini, rencananya, kami juga ingin mengadakan welcome dinner di Grahadi yang dibuka oleh Bapak” tuturnya.

Permintaan Mufid mendapat sambutan positif dari Pakde Karwo, pria nomor satu di jajaran Pemprov Jatim itu mengatakan, pihaknya siap menyambut para tamu konferensi dan membuka welcome dinner di Grahadi. “Kami siap hadir dan mendukung konferensi ini” tuturnya.

Menurut Pakde Karwo, Rotary Club memiliki tujuan yang mulia, yakni mengabdi di bidang sosial, karena itu, ia juga mendukung jika Rotary Club mengundang pemerintah dalam aktivitas sosialnya. “Program Rotary Club sejalan dengan pemerintah, yakni menyejahterakan rakyat” katanya.

Pakde melanjutkan, saat ini isu sosial yang sedang hangat dan mengkhawatirkan adalah banyaknya kasus remaja dan pemuda usia produktif yang terkena serangan jantung akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji (junk food).

“11% anak2 pada umur 28 tahun sudah kena serangan jantung gara-gara junk food, ini sangat ironis, jika dulu kita berusaha untuk menumpas kasus kekurangan gizi, namun kini justru kita berperang melawan kasus kelebihan gizi, atau salah asupan, salah satunya karena junk food. Ini sudah lampu merah, kita harus sosialisasikan gaya hidup sehat kepada anak-anak” ujarnya. (hery)

Teks foto: Gubernur Jatim Pakde Karwo menerima tamu dari Rotary Club Surabaya di Gedung Negara Grahadi Surabaya.