13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Pertamina EP Berhasil Kembangbiakkan Rusa Jawa di Bojonegoro

Pertamina EP Berhasil Kembangbiakkan Rusa Jawa di Bojonegoro 2Bojonegoro, KabarGress.Com – Setelah berjalan satu tahun, akhirnya program penangkaran Rusa Jawa Rusa Timor/Jawa (Cervus Timorensis) di area Asisten Perhutani (Asper) di Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro bisa dinikmati hasilnya.

Program penangkaran yang dimulai 27 Juni 2014 itu awalnya menangkar 13 rusa yang berasal dari Blitar. Kini, setelah satu tahun, 13 Rusa Jawa itu berkembang menjadi 17 ekor.

Program penangkaran kerjasama antara PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu dengan Perum Perhutani Kawasan Pemangku Hutan (KPH) Parengan dilakukan di lahan seluas 900 m2 yang terbagi menjadi dua kandang untuk pejantan dan betina.

Adalah Masrap, pria paruh baya yang bertugas untuk merawat dan menjaga rusa jawa serta kandang penangkarannya. Bekerja sejak penangkaran rusajawa diresmikan, Masrap memiliki tugas untuk memberi makan, menyediakan air minum untuk rusa, dan membersihkan kandang.

“Total Rusa Jawa yang ditangkarkan di sini ada 17 ekor. Awalnya hanya 13 ekor lalu beranak satu ekor. Bulan ini ada tambahan lagi tiga anak rusa yang lahir. Umurnya belum genap satu bulan.Waktu awal-awal si anakan rusa lahir saya harus sering memantaunya yang kadang saya lakukan sampai malam,” ungkapnya, Jumat (28/8/2015).

Untuk perawatan Rusa Jawa sendiri, Masrap mengaku tidak memiliki kesulitan yang berarti. Setiap harinya di pagi hari hal yang harus dia lakukan adalah membersihkan kandang dan menguras kolam air minum untuk rusa Jawa.

Pertamina EP Berhasil Kembangbiakkan Rusa Jawa di Bojonegoro 1Di siang hari, Masrap bertugas untuk memberi makan buah atau ketela untuk rusa jawa. Sore harinya dia akan mencari rumput yang malamnya akan diberikan sebagai cadangan makanan untuk rusa Jawa.

Meski begitu, ia mengakui proses penangkaran Rusa Jawa ini ternyata tak semudah yang dibayangkan. Di awal sebelum proses penangkaran diresmikan, dilakukan penelitian dan survei tentang kondisi alam yang cocok untuk rusa Jawa, memakan waktu satu tahun. Sekarang setelah satu tahun berjalan, penangkaran rusa Jawa ini juga masih memiliki kendala.

“Kalau masalah yang dihadapi sebenarnya tidak banyak. Akan tetapi, ada satu masalah yang saat ini sedang dihadapi. Yakni saat musim kemarau seperti ini pakan rumput untuk Rusa Jawa sulit didapatkan. Apalagi kita tidak memiliki lahan sendiri yang khusus untuk ditanami rumput,” ujar Masrap.

Walaupun begitu, sejauh ini masalah tersebut bisa diatasinya dengan bekerja lebih keras lagi, supaya satwa langka yang dulu banyak hidup di hutan jati di Bojonegoro bisa terus berkembang.

Sementara itu, Administratur Perhutani KPH Parengan, Daniel Budi Cahyono membenarkan adanya penambahan jumlah rusa Jawa di sana.

Menurutnya, sekitar bulan Juli lalu ada 4 ekor betina yang terindikasi bunting alias bunting. Sekitar 3 minggu lalu akhirnya bisa lahir 3 ekor, sehingga jumlahnya ada 17 ekor rusa Jawa di tempat penangkaran rusa Jawa yang menjadi upaya menjaga pelestarian keaneakaragaman hayati tersebut.

“Lahirnya secara alami, tidak ada campur tangan dari orang. Dan hidupnya juga tidak ada perlakuan khusus, dibiarkan hidup dengan induknya,” jelas pria asal Semarang, Jawa Tengah tersebut.

Berita berkembangbiaknya Rusa Jawa disambut gembira Cepu Field Manager Pertamina EP Wresniwiro. Menurut Wiro, tujuan utama PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu mendukung program penangkaran Rusa Jawa untuk membantu menjaga hewan asli Jawa ini tidak punah.

“Selain berkepentingan menjaga keanekaragaman hayati, program penangkaran Rusa Jawa ini  juga menjadi manifestasi dari semangat terbarukan dari PT Pertamina,” tegas Wiro. (ro)