22/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Berkomitmen Investasi Jangka Panjang, Pemerintah Provinsi Jawa Barat Memberikan Penghargaan kepada PT HM Sampoerna Tbk.

Berkomitmen Investasi Jangka Panjang, Pemerintah Provinsi Jawa Barat Memberikan Penghargaan kepada PT HM Sampoerna Tbk.Bandung, KabarGress.Com – Berkat komitmennya untuk berinvestasi jangka panjang, PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) mendapatkan kehormatan dianugerahi penghargaan Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Terbaik Peringkat 1 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, pada Apel Besar PNS Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Lapangan Gasibu, Bandung dalam rangka Hari Jadi Jawa Barat yang ke-70 tahun.

Sampoerna, salah satu perusahaan tembakau terbesar di Indonesia, memperoleh penghargaan ini sebagai apresiasi terhadap komitmennya dalam berinvestasi melalui fasilitas produksi Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Pabrik SKM Sampoerna Karawang diresmikan dan mulai beroperasi pada tahun 2008 dengan investasi senilai USD 250 juta.

“Pabrik Sampoerna merupakan fasilitas produksi yang dikembangkan untuk memenuhi kapasitas produksi bagi pasar domestik maupun ekspor, dimana untuk pasar ekspor terus mengalami pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir,” Ujar Alf Goette, Kepala Bagian Fasilitas Produksi Sampoerna.

Sebagai produsen rokok kretek terbesar di seluruh dunia, volume ekspor tembakau Indonesia tengah berkembang dengan mantap. Menurut data Kementerian Perdagangan, peningkatan ekspor produk tembakau nasional bernilai tambah mengalami peningkatan sebesar 52 persen dalam kurun waktu 4 (empat) tahun, yaitu dari tahun 2010 hingga 2014. Nilai ekspor tersebut menempati posisi ketiga dalam komoditas ekspor nasional pada tahun 2014. Sedangkan Sampoerna, sebagai salah satu kontributor terhadap peningkatan nilai ekspor tembakau nasional, telah melakukan ekspor ke berbagai destinasi di Asia Pasifik dan Eropa.

Penghargaan Investasi Terbaik diselenggarakan oleh Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPMT) Provinsi Jawa Barat dalam rangka pengukuran kepatuhan para penanam modal terhadap ketentuan pelaksanaan penanaman modal di wilayah provinsi tersebut. Sejak awal tahun 2015, Tim Penilai BPMT telah melakukan evaluasi terhadap perusahaan-perusahaan di Jawa Barat dan berhasil menyeleksi lima perusahaan yang unggul dalam masing-masing kategori, yaitu Perusahaan PMA dan PMDN terbaik.

“Pencapaian ini merupakan dorongan bagi Sampoerna untuk melanjutkan dan terus meningkatkan investasi jangka panjang di Indonesia, khususnya Jawa Barat. Kami berharap penghargaan ini pun akan menjadi motivasi bagi perusahaan-perusahaan lainnya untuk terus menanamkan investasi berkelanjutan dan menjalankan praktik-praktik yang sesuai dengan ketentuan pelaksanaan penanaman modal yang berlaku,” tutup Alf Goette. (ro)