02/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Seluruh Pegawai Pemkot Ikuti Lomba 17 Agustus

Lomba menyunggi tempehSurabaya, KabarGress.Com – Kendati tanggal 17 Agustus sudah berlalu, namun nuansa khas kemerdekaan masih kental terasa di lingkup Pemkot Surabaya. Jumat (21/8/2017) pagi pukul 06.00, ratusan pegawai pemkot memadati halaman Taman Surya guna berpartisipasi dalam beragam kegiatan lomba.

Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser menuturkan, acara perlombaan memang sudah menjadi tradisi saat momen Agustusan tiba. Oleh karenanya, dalam rangka melestarikan budaya tersebut, pemkot menyelenggarakan aneka lomba antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Sedikitnya sembilan macam lomba dihelat secara bersamaan. Di antaranya lomba senam, balap kelereng, membawa tempeh di atas kepala, rias wajah dengan mata tertutup, dan memasukkan belut ke dalam botol. Selain itu, ada pula lomba menggiring bola dengan terong, memasukkan paku ke dalam botol, tarik tambang dan memecahkan balon secara berpasangan.

Fikser mengatakan, di samping sebagai ajang kompetisi antar SKPD, momen lomba tersebut juga dimanfaatkan untuk bersilaturahmi antar pegawai. Dengan demikian, kegiatan perlombaan yang dikemas menarik itu dibalut dengan suasana kekeluargaan yang cukup kental.

Salah satu pemandangan menarik terjadi saat Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (damkar) Surabaya Chandra Oratmangun mengikuti lomba memasukkan belut ke dalam botol. Pejabat perempuan yang selama ini dikenal garang menghadapi kejadian kebakaran itu ternyata agak canggung saat memegang belut. Beberapa kali belut yang sudah digenggamnya terjatuh ke tanah dan dia enggan mengambilnya lagi.

“Kalau urusan api saya tidak takut. Tapi, kalau pegang belut ini tadi geli banget,” ujarnya sambil terkekeh.

Meskipun acara lomba berjalan meriah, pemkot tetap memastikan pelayanan masyarakat tidak terganggu. Pasalnya, peserta lomba hanya perwakilan dari masing-masing SKPD dan mereka sudah kembali ke kantornya saat jam kerja dimulai. (tur)