26/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Pertamina Lubricants Dukung Penuh Tim Sapu Angin ITS

ITS - Mobil formula Sapu Angin Speed (SAS) IIISurabaya, KabarGress.com – Pertamina Lubricants mendukung penuh tim Sapu Angin Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya dalam upaya mengembangkan mobil formula “Sapu Angin Speed” (SAS). “Dukungan itu merupakan wujud perhatian kami terhadap kegiatan riset dan pengembangan teknologi yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Khususnya di bidang otomotif,” ungkap General Manager Pertamina Marketing Operation Region V, Ageng Giriyono, di sela-sela acara pemberangkatan Mobil formula Sapu Angin Speed (SAS) III yang akan mengikuti kompetisi Student Formula Japan (SFJ) 2015 yang digelar pada 1 hingga 5 September 2015 di Ogasayama Sport Park, Shizuoka, Jepang, Jumat (21/8/2015).

Sebagai perusahaan energi, lanjutnya, Pertamina berkomitmen terhadap pengembangan dan pemanfaatan teknologi terutama terkait energi terbarukan dan ramah lingkungan. Salah satu bentuknya, Pertamina mendorong tumbuhnya pengembangan teknologi otomotif yang hemat energi. “Selain itu dapat memanfaatkan energi terbarukan,” ujarnya.

Hal tersebut dilakukan seiring dengan kegiatan bisnisnya yang memproduksi bahan bakar dan pelumas. Dengan begitu menjadikan kendaraan irit bahan bakar, ramah lingkungan, dan mengoptimalkan kinerja mesin. “Bahkan, tim Sapu Angin telah berhasil meraih sejumlah prestasi membanggakan,” tandasnya.

Dicontohkan, keberhasilan mobil Formula Sapu Angin Speed I (SAS I) generasi pertama dengan meraih Best Rookie Award (penghargaan pendatang baru terbaik) pada kompetisi Student Formula Japan (SJF) tahun 2013. Lalu, meningkatnya peringkat Sapu Angin Speed II pada kompetisi SFJ 2014. (ro)