13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Petra Parade 2015: Holistic Growth, Fruitful Life

JpegSurabaya, KabarGress.com – Proses pengembangan diri secara maksimal perlu terus kita asah agar dapat menjadi pribadi yang bermanfaat di tengah masyarakat. Tak terkecuali dengan para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), sebagai individu mulai dapat menentukan pilihan hidupnya di masa yang akan datang. Hal ini merupakan moment yang penting yaitu masa dimana proses “dibentuk” untuk kemudian memberikan kontribusi di tengah masyarakat demi kemajuan bangsa. Hal inilah yang menginspirasi perhelatan Petra Parade 2015 yang akan di gelar selama empat hari berturut-turut di kampus UK Petra, Siwalankerto mulai hari Selasa – Jumat tanggal 18 – 21 Agustus 2015 yang akan datang.

Mengambil tema Holistic Growth, Fruitful Life, acara Petra Parade 2015 ini akan menggelar berbagai kegiatan bagi para siswa SMA dan masyarakat umum bagaimana sebuah frase pertumbuhan hidup yang utuh sehingga dapat “berbuah” untuk kemudian dinikmati oleh orang lain.

“Kegiatan ini merupakan rangkuman kegiatan Petra Parade tahun lalu yang menitikberatkan pada LIGHT (Light-Integrity-Growth-Humility-Truth), yaitu bagaimana “berbuah” di masyarakat setelah mengenal LIGHT itu. Jadi berkembang secara keseluruhan tidak hanya sosial saja akan tetapi rasa dan hati juga. Dengan icon Pohon dan buah serta kegiatan-kegiatan yang mengasah kemampuan diri terangkum dalam perhelatan 2015 ini”, ungkap Purnama E.D. Tedjokoesoemo, S.Sn., M.Sc. selaku Ketua Umum Petra Parade 2015 ini.

Berbagai gelaran di sajikan dalam Petra Parade 2015 ini, mulai dari Rangkaian Opening-Closing, Petra Olympiad, Green Bazar, seminar Parenting, Giant Puzzle, Festival Rujak manis, Festival Lampion, Internasional Vaganza, Green Tote Bag hingga Branded Schooling Experience (BSE). Uniknya, dalam opening Petra Parade ini nantinya aka nada sejumlah 12 orang mahasiswa asing akan melangkah dengan diiringi musik khas Indonesia memperagakan pakaian daerah.

Tak ketinggalan, para tamu undangan diminta untuk menorehkan tinta di kanvas sebesar kurang lebih 60×40 cm sebanyak 20 kanvas yang nantinya sketsa tersebut diteruskan oleh komunitas Scrabling Surabaya. Dan akan membentuk sebuah kesenian khas Jawa Timur yang kemudian di tampilkan dalam acara opening tersebut. Kesemuanya ini akan dikemas apik mulai hari Selasa, 18 Agustus 2015 mulai pukul 18.00 WIB di Lapangan Hijau UK Petra.

“Dalam Open House ini, kami akan membuka kesempatan seluas-luasnya pada para siswa SMA, orang tua serta masyarakat luas untuk mengenal berbagai jurusan yang ada di UK Petra dengan langsung mengunjungi Laboratorium sekaligus mencicipi kuliah”, ungkap Prof. Rolly Intan selaku Rektor UK Petra.

Dalam Petra Parade 2015 ini memang para siswa SMA berkesempatan mencicipi bagaimana berkuliah melalui kegiatan Branded Schooling Experience (BSE). Setiap harinya dibuka kurang lebih 24 kelas di setiap program studi yang ada di UK Petra mulai hari Selasa hingga Jumat tanggal 18 – 21 Agustus 2014 mulai pukul 08.30 – 12.30 WIB. Bagi masyarakat sekitar, UK Petra pun mengadakan Petra Green Bazaar pada tanggal 20 Agustus 2015 mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB bertempat di lapangan parkir depan entrance hall UK Petra.

Tak hanya itu saja, dalam Petra Parade kali ini masih dalam nuansa Kemerdekaan Republik Indonesia juga akan digelar lomba-lomba kemerdekaan bernama Trialthon seperti lomba balap bakiak, balap karung dan masih banyak lainnya bagi karyawan UK Petra. Tak mau kalah, para mahasiswa asing juga akan unjuk gigi memperkenalkan budayanya masing-masing dalam Internasional Vaganza yang di gelar hari keempat, 21 Agustus 2015 mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB di Lapangan Hijau UK Petra. (ro)