13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Baidu Indonesia dan CAMIA Menggelar China-Indonesia Mobile Game Conference

* Perhelatan ini diadakan untuk menjembatani industri mobile game di Indonesia dan Tiongkok.

Jakarta, KabarGress.com – Untuk pertama kalinya, China-Indonesia Mobile Game Conference akan dihelat di Indonesia, yakni pada tanggal 26 Agustus 2015 di Century Park Hotel Jakarta. Konferensi akbar yang mempertemukan para praktisi industri mobile game di Tiongkok dan Indonesia ini diprakarsai oleh China-ASEAN Mobile Internet Industry Alliance (CAMIA) bekerja sama dengan Baidu Indonesia.

China-Indonesia Mobile Game Conference merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh CAMIA. Konferensi yang segera diadakan di Jakarta ini akan mempertemukan para pelaku dalam industri mobile game di Indonesia dan Tiongkok, termasuk kalangan perusahaan, startup, serta para entrepreneur yang bergerak di bidang pengembangan mobile game dan aplikasi.

CAMIA didirikan pada tahun 2014 atas prakarsa Pemerintah Tiongkok dengan para pemimpin bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dari berbagai negara ASEAN, dengan tujuan untuk mengembangkan industri mobile internet di Tiongkok dan negara-negara ASEAN. Sebelum menggelar konferensi di Indonesia, CAMIA telah mengadakan beberapa kegiatan serupa, seperti China-Thailand Matchmaking on Mobile Games and Mobile Applications di Bangkok, Thailand, pada Juli tahun lalu.

“Kami melihat bahwa potensi industri mobile game di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, sangat besar, dan kami yakin ajang ini dapat membantu para pemain dalam industri terkait untuk berkembang lebih besar lagi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi channel komunikasi bagi para pemain di industri ini untuk saling berbagi informasi, dan kami senang dapat bermitra dengan Baidu Indonesia yang telah memiliki sumber daya lokal yang kuat di Indonesia,” ujar Juliana Lee, Asisten Sekretaris Jenderal CAMIA.

Diakui oleh Lee bahwa Indonesia merupakan negara dengan pasar game dan populasi penduduk terbesar di Asia Tenggara. Tingkat pertumbuhan pendapatan pasar mobile game di Indonesia tahun lalu mencapai 120% atau yang terpesat di Asia Tenggara. CAMIA melihat pasar mobile game di Indonesia terbuka luas untuk semua pemain, baik bagi para pengembang game lokal maupun perusahaan-perusahaan asing.

“Kami sangat antusias untuk ikut serta dan mendukung kegiatan ini. China-Indonesia Mobile Game Conference sejalan dengan misi Baidu untuk turut mengembangkan ekosistem mobile internet, termasuk industri mobile game di Indonesia. Di Indonesia kami telah menghadirkan MoboMarket sebagai toko aplikasi berkonsep lokal, yang dapat digunakan oleh para developer untuk mendistribusikan games mereka sehingga dapat dijangkau dengan mudah oleh para pengguna di negeri ini,” ungkap Bao Jianlei, Director Baidu Indonesia.

Dalam ajang ini, Baidu Indonesia akan memaparkan hasil risetnya mengenai kebiasaan para pengguna mobile di Indonesia, yang dapat menjadi referensi berharga bagi para pengembang game dan aplikasi mobile. Selain itu, Baidu juga akan memaparkan fitur-fitur khusus dalam platform MoboMarket, yang disediakan bagi para pengembang aplikasi lokal.

“Kami mengembangkan MoboMarket sebagai toko aplikasi yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia. Didukung oleh tim operasional dan sumber daya lokal yang kuat, kami terus berupaya untuk menghadirkan toko aplikasi yang terbaik bagi para pengguna dan pengembang aplikasi, antara lain dengan mengadakan user reward program dan menyediakan beragam benefit dan fitur khusus bagi para pengembang aplikasi,” papar Bao.

MoboMarket mulai diperkenalkan di Indonesia pada Februari 2014 sebagai toko aplikasi alternatif bagi para pengguna Android di Indonesia. Hingga akhir Juni 2015, MoboMarket telah menyediakan lebih dari 500.000 koleksi aplikasi, di mana lebih dari 1.000 di antaranya merupakan aplikasi lokal.

Sejak diperkenalkan di Tanah Air, MoboMarket telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan memiliki lebih dari 4 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users) di Indonesia. MoboMarket juga telah bekerja sama dengan lebih dari 250 pengembang aplikasi lokal. Sebagai informasi, Baidu telah membangun developer platform untuk memudahkan para pengembang aplikasi lokal yang ingin bergabung dengan MoboMarket. Platform tersebut bisa diakses langsung melalui http://dev.mobomarket.co.id/index.html. (ro)