22/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Dukung Perkembangan Industri Otomotif, Empat Pameran Skala Internasional Hadir Serentak

JpegSurabaya, KabarGress.Com – Ajang pameran yang mengusung perkembangan industri otomotif, karoseri, perlampuan dan solar berskala internasional tengah berlangsung di Jatim Expo International (JX), mulai hari ini hingga Jumat (14/8/2015). Yakni, INAPA Surabaya 2015 (The 3rd Eastern Indonesia International Auto Parts, Accessories & Equip Exhibition, IIBT Surabaya 2015 (The 3rd Eastern Indonesia International Bus, Truck & Component Exhibition), INALIGHT Surabaya 2015 (The Eastern Indonesia International Lighting Exhibition), serta SOLARTECH Surabaya 2015 (The Eastern Indonesia International Solar Power & PV Technology Exhibition).

“Perkembangan industri otomotif, karoseri (bis dan truk), LED, lampu dan solar panel dalam negeri saat ini terus meningkat dan menjadikannya sebagai salah satu industri prioritas dalam perkembangan industri nasional,” tandas Group of Project Director PT. Global Expo Management (GEM Indonesia), Baki Lee, di sela-sela pembukaan pameran.

Menurut Baki, tidak hanya perkembangan pasar dalam negeri yang mengalami pertumbuhan positif, namun juga kegiatan ekspor produk mengalami pertumbuhan signifikan. “INAPA 2015 menjadi sebuah pameran internasional dalam industri pendukung otomotif di Indonesia. Di sini akan diadakan pertemuan tahunan dan pusat penjualan untuk produsen dan pemasok komponen otomotif terbaru dan bagian-bagian lainnya. Ada juga perlengkapan, peralatan, teknologi, dan metode serta perawatan kendaraan profesional untuk pengunjung khusus dari seluruh Asia dan nengara-negara lain yang sudah menjadi target market,” terangnya.

INAPA 2015 menawarkan event auto parts, aksesoris, dan solusi perawatan dan peralatan internasional terbesar di ASEAN. INAPA berperan sebagai pusat perdagangan terbesar untuk bagian suku cadang kendaraan, distributor, peralatan, dan jasa.

JpegJpegPameran ini menjadi sumber platform menarik bagi pembeli untuk produk berkualitas dari rantai industri otomotif secara menyeluruh dari produsen mobil, distributor, dan akan ada workshop tentang to car care sevice centres.

Sebelumnya INAPA 2014 sukses diselenggarakan bersamaan dengan IIBT 2014, Heavy Equipment Indonesia 2014, Tyre & Rubber Indonesia 2014 dan INABIKE 2014. Dalam INAPA menghadirkan 980 perusahaan besar dari 25 negara, 8 paviliun internasional, dan 24.100 pengunjung perdagangan dari 41 negara.

Hal itu menjadi bukti bahwa INAPA terpercaya sebagai pameran dagang internasional terbesar di Asia Tenggara untuk onderdil mobil, aksesoris, dan perlengkapan kendaraan lainnya. Produsen otomotif yang ikut serta dalam ajang INAPA mengaku mendapat peningkatan penjualan dan bertemu dengan pembeli potensial.

“Dengan dukungan dari pemerintah yang telah berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan industri otomotif, karoseri, LED, lampu dan solar panel, dan menjadikannya sebagai salah satu industri prioritas dalam pembangunan industri nasional. Serta didukung tingginya kepercayaan pelaku usaha untuk berinvestasi di Indonesia, kami yakin industri ini akan terus berkembang dan semakin memiliki peranan di pasar dalam negeri maupun pasar ekspor,” imbuhnya.

JpegDiantara produk-produk yang dipamerkan, tampak mobil offroad karya anak bangsa yaitu ‘Komodo’ diproduksi PT Fin Komodo. Ternyata mobil off road ‘Komodo’ ini belum banyak diketahui masyarakat meski sudah tiga tahun masuk pasar. Ini terbukti dengan masih banyak orang yang terkaget-kaget ketika melihat bahwa kita (Indonesia) punya kendaraan seperti ini.

Mobil yang ditujukan sebagai kendaraan utilitas ini ternyata sudah cukup banyak terjual, khususnya di daerah-daerah. Ini karena ‘Komodo’ memang didesain dengan konfigurasi sesuai keinginan konsumen. Bahkan kini sedang dikembangkan mobil listrik untuk off-road, terutama untuk teknologi kelistrikannya. Dan sampai saat ini sedang pengembangan baterainya. Nantinya diusahakan semua komponennya adalah produksi di Indonesia.

Dengan design yang mirip Komodo yang saat ini sudah menjadi salah satu kendaraan off-road nasional. Diperkirakan, model baru ini akan muncul perdana pada pertengahan 2016 mendatang. (ro)

Teks foto:

– Prosesi pembukaan pameran.

– Salah satu stand pameran menampilkan berbagai produk LED.

– Wartawan KabarGress.com berpose di samping mobil KOMODO karya anak-anak negeri.