20/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Dua Hari Berturut-turut, Pakde Karwo Raih Penghargaan Nasional

Pakde Karwo Terima Penghargaan Gubernur Penggerak Pengembangan Kabupaten-Kota Layak Anak Dari Presiden RI Pada Puncak Peringatan Hari Anak Nasional.Jakarta, KabarGress.com – Provinsi Jawa Timur dibawah kepemimpinan Gubernur Dr. H. Soekarwo kian menunjukkan kinerja yang membanggakan serta membuahkan prestasi tingkat nasional. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan-penghargaan yang diraih Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut.

Dalam dua hari berturut-turut, Pakde Karwo  berhasil meraih dua penghargaan tingkat nasional. Yakni, penghargaan dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai Pembina Industri Kecil dan Menengah (IKM) Berbasis Potensi Daerah, penghargaan tersebut diberikan saat Malam Apresiasi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-20 di Auditorium Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (10/8) malam.

Keesokan harinya, Selasa (11/8) pagi, Pakde Karwo meraih penghargaan sebagai Penggerak Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak di Provinsi Jatim Tahun 2015. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo saat Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2015 di Istana Kepresidenan Bogor.

Terpilihnya Pakde Karwo sebagai penerima penghargaan dikarenakan provinsi Jawa Timur telah menjadi provinsi yang  layak anak, baik kondisi fisik dan non fisiknya, dimana aspek-aspek kehidupannya memenuhi unsur-unsur yang diatur dalam Konvensi Hak Anak dan/atau Undang-Undang Perlindungan Anak.

Kemudian, kabupaten/kota di Jatim juga telah menerapkan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), dimana memiliki sistem pembangunan satu wilayah administrasi yang mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam program dan kegiatan pemenuhan hak anak.

Di Istana Kepresidenan Bogor Pakde Karwo Bersama Kepala BPPKB Prov Jatim Tunjukkan Piagam Penghargaan Gubernur Penggerak Pengembangan Kabupaten-Kota Layak Anak di Provinsi Jatim“Artinya, anak-anak di Jatim mendapatkan tempat yang nyaman, aman, dan kondusif untuk tumbuh dan berkembang. Kami harap penghargaan ini semakin memacu kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi anak-anak yang merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan” kata Pakde Karwo.

Pada kesempatan itu, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo  menitipkan harapannya kepada Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia untuk berkomitmen dalam melindungi, menjaga, dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak Indonesia. “Setelah acara ini dan kembali ke provinsi masing-maisng, saya titip agar anak-anak ini bisa mendapat pelajaran yang terbaik, tidak lupa beribadah, dan olahraga” pesannya.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, mengatakan,  tema peringatan HAN 2015 adalah “Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak” dengan tiga sub tema, yaitu bangun karakter anak Indonesia yang berkualitas dan berahklak mulia, wujudkan ketahanan keluarga untuk mendorong tumbuh kembang anak Indonesia yang sehat dan berprestasi, serta wujudkan rekonstruksi sosial dalam menciptakan lingkungan yang melindungi hak anak.

“Saya berharap tema ini mampu menjadi pengingat dan pendorong bagi segenap komponen bangsa bahwa lingkungan dan keluarga yang ramah anak sangat diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak, sehingga  bisa menggugah setiap individu, orangtua, keluarga, dan masyarakat dunia usaha, dan pemerintah akan pentingnya peran, tugas, dan kewajiban masing-masing dalam memenuhi hak dan melindungi anak,” katanya.

Menurut Yohana, yang juga tak kalah penting adalah mendorong keluarga Indonesia menjadi tempat pertama dan utama dalam pengasuhan yang berkualitas, memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang komprehensif terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air.

Pada kesempatan itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Rudiantara melaunching sistem “whitelist Internet Ramah Anak”, dengan sistem tersebut, orang tua bisa menyensor dan menentukan portal website yang bisa dibuka oleh anak-anak, sehingga hal ini bisa menghindarkan anak-anak dari pengaruh negatif internet.

“Bertepatan dengan HAN ini, kominfo meluncurkan whitelist secara nasional dan meluncurkan website www.berani.co.id untuk mendidik anak-anak menjadi penerus bangsa yang cerdas, produktif,  kreatif, kompeten dan menjadi bangsa indonesia yang gagah berani. Maju terus bangsa Indoneisa, kita gunakan whitelist untuk internet yang baik dan berguna” ujarnya.

“Sistem whitelist ini adalah inisitatif pembangunan infrastuktur internet agar hanya konten terpercaya yang bisa diakses. Sistem whitelist membutuhkan partisipasi orang tua, guru, dan kita semua untuk menentukan konten-konten yang bisa diakses oleh dunia pendidikan” lanjutnya.

Puncak acara HAN 2015 diikuti oleh lebih dari 2.000 anak yang terdiri dari pelajar, anak berprestasi, anak berkebutuhan khusus, yatim piatu, dan anak yang berkehadapan dengan hukum, acara ini juga dihadiri oleh Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo, beserta istri Wapres, Mufida Jusuf Kalla.

Sementara itu, dari jajaran kabinet kerja, tampak Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta  Menteri Pendidikan Anies Baswedan, dan sejumlah menteri lainnya. (hery)

Teks foto:

– Pakde Karwo menerima penghargaan Gubernur Penggerak Pengembangan Kabupaten-Kota Layak Anak dari Presiden RI pada puncak peringatan Hari Anak Nasional.

– Di Istana Kepresidenan Bogor, Pakde Karwo bersama Kepala BPPKB Prov Jatim menunjukkan Piagam Penghargaan Gubernur Penggerak Pengembangan Kabupaten-Kota Layak Anak di Provinsi Jatim.