XL Dukung Seminar Exibition HIPMI FESTIVAL

* Tingkatkan Manfaat Layanan SME Goes Mobile

exibition UKMSurabaya, KabarGress.com – PT XL Axiata Tbk (XL) berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan untuk bisa ikut mengambil manfaat dari keberadaan layanan internet dan teknologi digital. XL menyediakan layanan bernama “SME Goes Mobile” yang menawarkan manfaat promosi yang terintegrasi secara mudah, efektif, dan efisien dalam hal tarif. Layanan. XL terus meningkatkan nilai manfaatnya dengan menambah sejumlah fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan kalangan pelaku usaha kecil menengah di Indonesia.

Pada kesempatan ini XL mendukung Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) perwakilan Bali yang mewadahi Komunitas pengusaha lokal dalam mengadakan HIPMI BALI FESTIVAL yang berlangsung pada tanggal 7 – 8 Agustus 2015 bertempat di Bali Creative Industry Centre (BCIC) Jalan Wr. Supratman no. 302, Tohpati – Denpasar, yang di dukung oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementrian Pemuda dan Olah Raga, Pemerintah Daerah Bali.

Acara ini  mencakup 3 jenis kegiatan yaitu seminar kewirausahaan, pameran Usaha Kecil Menengah (UKM), dan Business to business dimana kegiatan ini memiliki visi :

1. Memperkenalkan produk dan industry pengusaha lokal kepada masyarakat luas.
2. Membuat pelatihan wirausaha yang menyenangkan, praktis bukan teoritis.
3. Menanamkan nilai-nilai kewirausahaan dalam diri mahasiswa dan masyarakat, dan membantu menciptakan lapangan pekerjaan.

seminar HIPMITerkait akan hal tersebut XL terus meningkatkan manfaat layanan SME Goes Mobile, diantaranya dengan menambah layanan baru untuk beriklan, yaitu melalui kanal digital banner dan website (situs) berbasis komputasi awan, serta akses ke layanan mobile commerce. Dengan begitu, UKM dengan program baru “SME Goes Mobile”  bisa membuat situs atau website usaha mereka sendiri dengan mudah, dengan biaya yang terjangkau serta mendapatkan akses di e-commerce sebagai penjual di Elevenia. Sebelumnya, program SME Goes Mobile telah menyediakan sarana dan ruang iklan digital (mobile advertising) melalui layanan berbasis LBA (Location Based Advertising) dengan memanfaatkan SMS maupun MMS.

Head of M-Advertising – Herwinto Chandra Sutantyo mengatakan,“Melalui layanan SME Goes Mobile kami memberikan dukungan bagi para pelaku UKM mendapatkan akses ke ruang dan media berpromosi melalui kanal digital yang terintegrasi, terjangkau serta tepat sasaran.”

Para pelaku UKM bisa mengikuti program SME Goes Mobile dengan membeli paket yang ada tanpa harus menjadi pelanggan XL. Selain itu, XL juga bekerja sama dengan para reseller dan mitra kerja di daerah dalam menawarkan program ini. Pelaku UKM bisa mengunjungi para mitra kerja yang telah ditunjuk, atau menghubungi XL Center terdekat atau Account Manager dari SME Goes Mobile. UKM juga bisa langsung memesan dan membeli layanan melalui situs http://reklamedium.com untuk pemasangan iklan atau http://gerbangusaha.com untuk pembuatan website.

Lebih detail, layanan mobile advertising XL menyediakan layanan LBA (location-based advertising) dan reklamedium (medium untuk penempatan sebuah iklan). Pada LBA, pelanggan bisa mendapatkan layanan pemasangan iklan berbasis LBA baik SMS maupun MMS. Pada layanan ini penentuan iklan berdasarkan lokasi dan POI (Point of Interests), untuk paket khusus, pelanggan memungkinkan memakai “Brand Masking”. Jangkauan layanan LBA ini hampir meliputi semua daerah di tanah air, termasuk di Kawasan Timur Indonesia. Melalui LBA SMS, layanan yang didapatkan berupa antara lain penyebaran informasi di lokasi/titik tertentu, riset dengan memanfaatkan SMS Interaktif. Sementara itu jika menggunakan LBA MMS, pelanggan juga akan mendapatkan layanan promosi dalam format gambar, video, audio.

Untuk promosi melalui kanal digital banner dan website, tersedia layanan bernama “Usahawan”. Pada layanan ini pelanggan bisa mendapatkan layanan pembuatan situs web atau mobile, termasuk juga memilih hosting, juga nama domain. Pilihan hosting dari 1Gb – 10GB. Pelanggan bisa memilih template disain, serta gratis alamat email.

Sementara itu untuk akses pada e-commerce, pelanggan UKM akan mendapatkan akses ke mobile commerce “Elevenia” yang terafiliasi dengan XL. Pelanggan bisa membuat toko online tanpa kepemilikan situs. Elevenia membuka kesempatan kepada UKM untuk menjual berbagai kategori produk termasuk kerajinan. Setiap penjual yang masuk di Elevenia akan mendapatkan manfaat lebih antara lain dukungan layanan konsumen, dan pembayaran terintegrasi. Selain itu, penjual akan mendapatkan fasilitas antara lain seminar dan pelatihan, foto studio, dan konsultasi penjualan.

XL membidik pelaku UKM yang memiliki usaha menjual produk atau jasanya baik industri rumahan maupun industri skala kecil menengah. Pertimbangannya adalah 57 juta lebih UKM di Indonesia telah memberikan kontribusi PDB (product domestic brutto) kepada negara lebih dari 57%, berdasarkan data 2013. Namun, hanya sedikit dari UKM tersebut yang memiliki akses atas ruang iklan digital yang efektif, efisien, terjangkau dan tepat sasaran. Saat ini jumlah pelanggan UKM yang telah memanfaatkan layanan SME Goes Mobile ada sebanyak tidak kurang dari 600 pelanggan UKM. XL berharap hingga akhir tahun 2015 ini akan ada 2500 pelaku UKM yang akan bisa memanfaatkan layanan ini. (ro)

Leave a Reply


*