24/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Peresmian King Sejong Institute di UK Petra

Surabaya, KabarGress.com – UK Petra semakin memperkokoh internasionalisasi melalui pendirian King Sejong Institute (KSI) yang berlokasi di kampus UK Petra. Sebagai perwujudan visi caring and global university, maka UK Petra menggandeng partner dari Korea yaitu Dongseo University (DSU) untuk bersama-sama hadirkan KSI dengan dukungan dari pemerintah Republik Korea.

Kerjasama ini bukanlah yang pertama kali dilakukan, karena adanya sister city antara Surabaya dan Busan, maka UK Petra dan DSU pun menjadi partner university. Sudah beberapa program internasional bersama yang dilakukan misalkan Community Outreach Program, Asia Summer Program, Pertukaran Mahasiswa, dan berbagai kegiatan lainnya.

King Sejong Institute Foundation (KSIF) adalah pusat institusi publik yang menopang King Sejong Institute (KSI), sebuah institusi pendidikan di luar negeri yang mengajarkan bahasa dan budaya Korea. King Sejong Institute yang tersebar di berbagai negara menyediakan kurikulum pendidikan Bahasa Korea yang sama yakni kurikulum sistematis yang menstandarkan level pendidikan, materi yang diajarkan, dan jam belajar Bahasa Korea dengan berpedoman pada ‘’Internationally used Korean Education Model’. Sedangkan untuk pelajaran budaya, King Sejong Institute menyediakan tenaga professional dalam bidang budaya Korea dan kurikulum budaya dengan sudut pandang kedua belah pihak (Korea dan negara setempat) agar pelajar asing dapat semakin memahami Korea dan budayanya. Selain itu, peserta akan menerima sertifikat bertaraf internasional.

Rektor UK Petra, Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc., Dr.Eng, menyampaikan bahwa KSI ini terbuka untuk masyarakat umum. “Walaupun berlokasi di UK Petra, King Sejong Institute ini terbuka untuk masyarakat umum yang ingin belajar mengenai bahasa dan budaya Korea.”

Peresmian KSI akan dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan kegiatan Petra Summer Program 2015 pada hari Senin, 10 Agustus 2015 pk. 09.00 WIB bertempat di Auditorium UK Petra. Peresmian KSI rencananya akan dilakukan oleh beberapa pejabat penting diantaranya:

1. Duta Besar Republik Korea, Mr. Taiyoung Cho

2. President DSU (King Sejong Institute Foundation) – Korea, Mr. Jekuk Chang

3. Rektor UK Petra, Prof. Ir. Rolly Intan,M.A.Sc., Dr.Eng.

(ro)