26/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Unik, Sarong Fun Run Gabungkan Olahraga dan Tradisi

Gus Ipul Didampingi Kasdam V Brawijaya Berangkatkan 5000-an Peserta Sarung Fun Run di Lapangan Kodam V BrawijayaSurabaya, KabarGress.com – Sarong Fun Run menjadi event unik menggabungkan olahraga dan tradisi. Biasanya ketika lari, orang mengenakan celana training atau celana pendek. Namun pada event tersebut, peserta lari menggunakan sarung sebagai atributnya yang fleksibel digunakan di mana saja. “Event ini mengajak masyarakat berolahraga, hidup sehat sekaligus ikut menjaga tradisi, Menjaga tradisi, membanggakan apa yang menjadi ciri khas kita dengan adanya lari pakai sarung. Ini pertama kalinya di Indonesia, mungkin di dunia lari dengan menggunakan sarung,” ujar Wagub Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf saat Sarong Fun Run Menyukseskan Muktamar ke-33 NU di Lapangan Kodam V/Brawijaya, Minggu (26/7) pagi.

Ia mengatakan, dengan dilaksanakannya acara ini ikut menjaga tradisi yang merupakan kekuatan Bangsa Indonesia. Dengan kuatnya tradisi, maka negara ini menjadi aman dan nyaman. Sarung inilah menjadi salah satu ciri khas kita bisa digunakan untuk beribadah maupun keperluan lainnya.

“Sarung adalah simbol identitas kita, menjadi tradisi kehidupan sehari-hari masyarakat. Tradisi ini merupakan kekuatan Indonesia, membuat negara ini aman, nyaman. Tradisi sarung tidak hanya dimiliki kaum pesantren, tapi semua orang bisa menerapkan tradisi itu. Oleh karena itu, lari dengan menggunakan sarung menjadi kegiatan yang menarik,” kata Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim.

Setiap peserta yang mendaftar berhak mendapatkan satu paket sarung dan wajib dikenakan saat acara itu. “Bisa dipakai, bisa juga diselendangkan ke bahu. Yang jelas harus beratribut sarung,” jelasnya.

Gus Ipul berharap, masyarakat bisa memanfaatkan momen tersebut dengan baik. Beraktivitas dan berolahraga bersama keluarga sambil mengenakan sarung menjadi aktivitas yang jarang dilakukan setiap hari.

Sarong Fun Run dilaksanakan dalam rangka menyukseskan Muktamar NU ke-33. Lomba lari sejauh 4 km itu memperebutkan medali dari Wagub Jatim bagi 200 peserta pertama yang menginjak garis finish. Peserta yang mengikuti event ini sebanyak 5.000 peserta yang terdiri dari 4.000 dari masyarakat umum, dan 1.000 dari unsur TNI Polri. Seusai lari, peserta dapat menikmati hiburan yakni grup Band Kotak yang mempersembahkan lagu-lagu andalannya. (hery)

Teks foto: Gus Ipul didampingi Kasdam V/Brawijaya memberangkatkan 5000-an peserta Sarung Fun Run, di Lapangan Kodam V/Brawijaya.