24/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Peroleh Apresiasi Delegasi GGGI

Pakde Karwo bersama Gubernur Bali, Hatta Rajasa saat menghadiri jamuan makan malam GGGI Meeting di The Trans Resort BaliSeminyak Bali, KabarGress.com – Kepemimpinan Gubernur Jawa Timur H. Soekarwo membangun wilayahnya dalam kemajuan atas pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkesinambungan selama ini mendapat apresiasai dan pengakuan dari Chair and President, Global Green Growth Institute (GGGI) Former President of Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apresiasi serta pengakuan SBY kepada Gubernur Jatim Soekarwo itu disampaikan saat jamuan makan malam bersama para delegasi anggota GGGI di The Trans Resort, Seminyak Bali, Kamis (23/7) malam.

Para delegasi anggota GGGI dari 25 negara ini memberikan applause kepada Pakde Karwo sapaan akrabnya saat Pak SBY menjelaskan tentang komitmen Pemerintah Jawa Timur membangun wilayahnya yang berwawasan lingkungan. “Saya tahu apa yang dilakukan dan benar adanya bahwa Jawa Timur pertumbuhan ekonominya terus meningkat dan pembangunannya berkesinambungan dengan memperhatikan factor lingkungan,” terang SBY yang disambut tepuk tangan delegasi GGGI.

Dengan bahasa Inggris yang sangat lancar, presiden Indonesia ke enam itu juga memperkenalkan Gubernur Bali Pastika selaku tuan rumah, Bupati Badung, Walikota Bandung dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan. Pakde Karwo diundang dalam pertemuan tersebut selain sebagai bentuk apresiasi GGGI atas komitmennya terhadap pembangunan yang berwawasan lingkungan juga mewakili Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) “Gubernur Jawa Timur sangat kredibel, dimana wilayah Jawa Timur sangat maju,” kata Susilo Bambang Yudhoyono.

Pakde Karwo bersama Presiden GGGI Susilo Bambang Yudhoyono dan beberapa undangan di acara jamuan makan malam GGGI Meeting di The Trans Resort BaliMendengar namanya disebut dan diperkenalkan oleh SBY, Pakde Karwo yang mengenakan batik warna biru muda itu langsung berdiri dan menganggukkan kepala tanda salam hormatnya. Demikian juga undangan khusus lainnya yang dihadirkan dan diperkenalkan kepada delegasi diantaranya Korea, Jepang, Norwegia, Thailand, Australia, India dan beberapa negara Afrika. Selain Pakde Karwo dan beberapa pimpinan daerah tersebut pengusaha sukses, pimpinan perguruan tinggi dan beberapa menteri dimasa kepemimpinannya juga diperkenalkan kepada seluruh delegasi GGGI. Hadir pada kesempatan itu juga tampak Ibu Ani Yudhoyono dan Kepala Bappenas Adrinof Chaniago.

GGGI sendiri merupakan forum internasional yang membahas soal penanganan iklim global. Dimana forum tersebut merumuskan berbagai kebijakan soal penanganan iklim yang dinilai sangat berpengaruh terhadap dunia. “Indonesia sangat berkepentingan terhadap kelestarian lingkungan, karena dunia sedang mengalami perubahan iklim yang luar biasa,” lanjut SBY.

Di bagian lain Chairul Tanjung sebagai salah satu pengusaha yang sukses berbagi pengalaman kepada para delegasi tentang pentingnya menjaga lingkungan untuk menunjang usaha. Dalam pertemuan yang berlangsung selama dua hari itu, peserta dari 25 negara anggota GGGI membahas persoalan Policy Barriers to Green Investment, How to Make Pro-poor Inclusive Green Growth a Reality. Dengan para pembahas dari berbagai negara. (hery)

Teks foto:

– Pakde Karwo bersama Gubernur Bali, Hatta Rajasa saat menghadiri jamuan makan malam GGGI Meeting di The Trans Resort Bali.

– Pakde Karwo bersama Presiden GGGI Susilo Bambang Yudhoyono dan beberapa undangan di acara jamuan makan malam GGGI Meeting di The Trans Resort Bali.