13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Wisata Jatim Meningkat, Kunjungan ke TSI 2 Terdongkrak

Wisata Jatim Meningkat, Kunjungan ke TSI 2 TerdongkrakPasuruan, KabarGress.com – Berdasarkan data dari Disbudpar Jatim, pada 2014 lalu, total wisatawan yang mengunjungi Jawa Timur tercatat 45,6 juta, yang berarti meningkat 5,9 juta atau 14,93 persen dibandingkan kunjungan pada tahun sebelumnya yang hanya 39,68 juta orang.

Tren ini terus berlanjut pada tahun 2015. Sebagaimana terefleksi dari lonjakan kunjungan wisatawan mancanegara melalui Bandara Internasional Juanda dan tingkat hunian hotel berbintang, kunjungan wisatawan asing ke provinsi ini mencapai 17.355 kunjungan pada Mei. Bahkan secara nasional merujuk data dari Pusdatin Kementerian Pariwisata jumlah kunjungan wisman ke Indonesia terhitung pada bulan April mencapai 749.882 orang atau tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Meningkatnya kunjungan ke Jawa Timur ini dipicu makin banyaknya pilihan wisata dan hotel yang menjanjikan kenyamanan. Peningkatan ini pula secara menyakinkan diikuti meningkatknya kunjungan wisatawan ke Taman Safari Indonesia II Prigen. Libur lebaran tahun ini tingkat kunjungan ke Taman Safari Indonesia II (TSI 2) naik sekitar 10 hingga 15 persen dibanding tahun lalu di periode yang sama.

Sebagai tujuan wisata favorit dan satu-satunya wisata konservasi di Jawa Timur, musim liburan tahun ini terutama saat lebaran, Taman Safari Indonesia II mengalami peningkatan kunjungan yang cukup signifikan. Dibanding lebaran tahun lalu, pusat rekreasi dan konservasi terbesar di Asia ini mengalami peningkatan kunjungan sekitar 10 – 15 persen. Ini wajar mengingat akses jalan tol Surabaya – Pandaan resmi dibuka untuk memudahkan pengujung. Apalagi, beragam wahana baru dan atraksi spesial disiapkan untuk menyambut kedatangan pengunjung.

Sebut saja Wanara Show. Pertunjukan yang diselenggarakan sejak 17 hingga 26 juli ini pada hari pertama setidaknya telah dihadiri 3000 orang. Pengunjung nampaknya sangat penasaran dengan kolaborasi menarik antara para satwa dan manusia. Pertunjukan yang dimulai setiap hari sejak pukul setengah lima sore ini melibatkan tidak kurang dari 5 spesies lucu dan pintar. Gajah Sumatera, anjing hingga harimau Benggala berada dalam satu panggung dengan manusia. Kolaborasi satwa, manusia dan aksi sulap tersebut adalah paket hiburan istimewa yang diberikan Taman Safari Indonesia II memasuki masa liburan tahun ini.

Alternatif berwisata di Jatim memang kian beragam. Jika sebelumnya kota Batu dan Malang selalu menjadi tujuan utama berlibur, kini saat Malang dan Batu kian padat dan macet, beberapa pengujung yang berasal dari Surabaya, Gresik, Pasuruan, Probolinggo dan beberapa daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah memiliki alternatif liburan. Salah satunya ke Taman Safari Indonesia II. Inilah yang memicu meningkatnya kunjungan ke Taman Safari Indonesia II tahun ini. Meningkatnya kunjungan ke Taman Safari Indonesia II tersebut secara tidak langsung juga turut mendongkrak tingkat kunjungan wisata di Jatim. (ro)