13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Kualitas Jaringan Tetap Terjaga, Trafik Layanan Data XL Meningkat Sepanjang Ramadan dan Lebaran

Jakarta, KabarGress.com – Sepanjang bulan Ramadan dan Lebaran, terjadi peningkatan trafik pemakaian layanan data dari PT XL Axiata Tbk (XL). Kenaikan tertinggi sebesar 11% dimulai pada dua hari menjelang Idul Fitri dibandingkan hari-hari biasa. Sementara sebagai perbandingan dengan tahun sebelumnya, kenaikan trafik data pada Lebaran tahun ini meningkat 41% dibandingkan dengan Lebaran 2014 yang lalu. Secara umum, kualitas jaringan XL juga terjaga dengan baik. Dengan jumlah keluhan mengalami penurunan sebesar 32% dibandingkan tahun sebelumnya.

Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan,mengatakan, “Syukur Alhamdulillah, jaringan XL berhasil melalui masa-masa kenaikan trafik sepanjang Ramadan hingga puncak Lebaran dengan lancar, baik untuk layanan voice, sms dan data. Kelancaran ini tidak terlepas dari keseriusan seluruh tim XL, termasuk juga dengan menerapkan sejumlah perangkat canggih dalam sistem pemantauan jaringan di seluruh wilayah layanan, yang didukung juga oleh kehandalan jaringan dan sistem billing yang telah kami persiapkan untuk menerima peningkatan trafik selama Ramadan dan Lebaran.”

Secara detil, dalam 3 tahun terakhir terlihat pergeseran kebiasaan pelanggan dalam menggunakan layanan komunikasi. Pemakaian layanan percakapan telepon (voice) dan SMS berkurang. Dibandingkan trafik pemakaian di hari-hari biasa, tercatat penggunaan layanan voice turun hingga 35% dibanding hari-hari biasa, sedangkan untuk SMS turun hingga sekitar 40%. Perubahan trafik layanan Voice dan SMS ini lebih disebabkan karena pergeseran kebiasaan pelanggan yang saat ini lebih memilih menggunakan layanan media jejaring sosial dan layanan sejenis instant messenger dalam melakukan komunikasi selama menjelang Idul Fitri. Sehingga terlihat dari kenaikan trafik penggunaan layanan komunikasi berbasis digital terus meningkat, terutama sejumlah media jejaring sosial utama dan layanan sejenis instant messenger dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan.

Sementara itu, pada hari menjelang Lebaran, sekitar 26% dari pelanggan XL di wilayah Jabodetabek terpantau berpindah lokasi ke luar kota. Jika dibandingkan dengan jumlah pelanggan di saat hari-hari biasa, perpindahan tertinggi terjadi menuju ke Jawa Tengah (kenaikan jumlah pelanggan tertinggi terjadi di Tegal sebesar 65%, disusul kenaikan di Pekalongan dan Kebumen), Jawa Timur (kenaikan tertinggi terjadi di Madura sebesar 300%, diikuti dengan Blitar dan Jombang) serta Jawa Barat dan Banten (kenaikan 30% – 40% terjadi di Sukabumi, Tasikmalaya, Pandeglang dan Cilegon). Perpindahan pelanggan XL juga terjadi di beberapa tempat di luar pulau Jawa yaitu: Sumatera, paling banyak menuju Bukit Tinggi (80%), Lampung dan Muara Bungo. Sementara di Kalimantan, kenaikan tertinggi di Pontianak (25%), serta kenaikan jumlah pelanggan di Lombok terjadi di Selong (80%). Sangat mungkin mereka melakukan perjalanan mudik.

Dalam memastikan kualitas jaringan, XL menerapkan kebijakan preventive maintenance, bukan reactive atau saat ada masalah baru ditangani. Dalam hal ini XL menggunakan sistem Work Force Management, di mana tim jaringan berpedoman pada kalender yang disiplin untuk melakukan perawatan BTS. Mereka juga memiliki check list yang jelas mengenai apa saja yang harus mereka lakukan pada saat kunjungan. Dengan disiplin yang dilakukan ini, problem-problem jaringan bisa diantisipasi, sehingga gangguan pada pelanggan menjadi jauh berkurang”.

Dalam mengoptimalkan fungsi monitoring kualitas jaringan pula, XL juga sudah melengkapi sistem pemantauan dengan perangkat terintegrasi yang mempermudah tim pemantau jaringan untuk mendeteksi masalah yang terjadi di suatu sistem. Selain itu, juga tersedia perangkat monitoring kinerja yang terintegrasi yang mempermudah tim pemantau jaringan (Network Operation Center) dalam mendeteksi penurunan kualitas yang terjadi. Terakhir, tersedia perangkat Service Quality Management (SQM) yang dapat menggambarkan tingkat kepuasan pelanggan, sehingga petugas XL dapat mengambil tindakan sebelum masalah menjadi lebih besar. (ro)