Lebaran, Smartfren Perkuat Infrastruktur BTS Hingga 40 Persen

JpegSurabaya, KabarGress.Com – Smartfren, penyedia jasa layanan telekomunikasi dan internet mobile, telah mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik selama Ramadhan dan Lebaran 2015 dengan mengaktifkan 7 regional offices di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang. Ketujuh regional offices tersebut siap beroperasi 24×7 jelang libur Lebaran.

“Kesiapan jaringan terdiri dari peningkatan kualitas jaringan, meminimalisir problem jaringan, mengurangi dampak kepadatan trafik jaringan, dan upaya mengcover blind spots,” ungkap Regional Head East Java Bali Lombok, Muhamad Cahyadi, di sela-sela acara buka bersama insan pers, di Hotel Mercure Surabaya, Senin (13/7/2015).

Lebih jauh diuraikan, pihaknya akan mengoptimalkan infrastruktur pada high traffic area. Begitu juga dengan kapasitas jaringan, ditingkatkan hingga 40%. Sementara availability dan reability jaringan dimaksimalkan hingga level 99,85.

Kesiapan lain, di puncak Lebaran nanti pihaknya dengan diperkuat 800 staf yang dilengkapi kendaraan operasional yang siap bergerak kapanpun diperlukan bila terjadi gangguan jaringan.

“Perangkat yang dikerahkan untuk kesiapan jaringan mencakup lebih dari 120 EMS (Equipment Management System) yang dioperasikan di semua regional offices. Untuk kendali operasional penanganan jaringan, secara keseluruhan ditangani oleh NOC (Network Operations Center) yang ada di Jakarta dan Surabaya,” terangnya.

Momen Ramadhan dan Lebaran 2015 memang menjadi fokus bagi Smartfren untuk memberikan kualitas layanan terbaik. Kepadatan lalu lintas jaringan di high traffic area menjadi perhatian tersendiri selama musim liburan.

“Sebagai antisipasi, infrastruktur di BTS (Base Transceiver Station) telah diperkuat hingga 40% di wilayah Pulau Jawa-Bali, Sumatera dan Sulawesi. Dengan demikian kami berharap problem terkait kualitas jaringan dapat diminimalisir sekecil mungkin,” imbuhnya. (ro)

Leave a Reply


*