13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Sushi Tei dan Sushi Kiosk Luncurkan ‘One Million Cranes for A Better Future’

* Satu Juta Origami Bangau Wujudkan Kepedulian dan Perhatian terhadap Anak-anak Penderita Kanker di Indonesia

SAMSUNG CSCJakarta, KabarGress.com – Sushi Tei dan Sushi Kiosk sebagai jaringan restoran Jepang terkemuka yang telah cukup lama menjadi bagian dari pengalaman kuliner masyarakat Indonesia serta senantiasa disambut hangat oleh keluarga Indonesia, hari ini meluncurkan gerakan ‘One Million Cranes for A Better Future’ – sebuah kegiatan kreatif melipat origami bangau untuk didonasikan kepada anak dengan kanker di Indonesia. Hadir di acara media session peluncuran gerakan One Million Cranes for A Better Future, Henky Pho, General Manager Sushi Kiosk, Vera Kusliawan, Marketing Manager Sushi Tei Indonesia dan Ira Soelistyo, Founder Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia.

“‘One Million Cranes for A Better Future’ merupakan sebuah kegiatan yang terinspirasi dari legenda Jepang, menceritakan seseorang yang berupaya melipat seribu origami berbentuk bangau hingga akhirnya permohonannya terkabul dan mendapatkan keberuntungan, umur panjang atau kesembuhan dari penyakit. Legenda ini sangat populer di Jepang dan seluruh dunia karena memberikan semangat yang positif akan sebuah harapan kesembuhan dan juga mengandung usur kreatifitas, sehingga terpilih untuk kami adaptasi dalam kegiatan Sushi Tei dan Sushi Kiosk di Indonesia,” ujar Vera Kusliawan, Marketing Manager Sushi Tei Indonesia.

“Dengan mengusung semangat perayaan Hari Anak Nasional tahun 2015 yang mengangkat tema ‘Anak Indonesia sehat, kreatif, dan berakhlak mulia’ menjadi tepat jika kegiatan ‘One Million Cranes for A Better Future’ mulai kami gerakkan. Membuat origami bagi anak-anak tentunya menyenangkan, anak akan memperoleh edukasi kreatif yang fun. Sambil menikmati menu sushi, anak bisa sambil bermain sekaligus ikut diajak peduli pada sesama. Oleh karenanya kami memberikan kesempatan kepada seluruh pelanggan Sushi Tei dan Sushi Kiosk baik itu anak-anak, maupun orang dewasa untuk melipat origami berbentuk bangau. Setiap origami bangau yang dihasilkan pengunjung akan dihitung senilai Rp100,- dan akan didonasikan kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI),” ujar Vera menambah keterangan di atas.

Ira Soelistyo, Founder Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia  menyambut baik dan mengapresiasi upaya yang dilakukan Sushi Tei dan Sushi Kiosk, “Kami dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia merasa sangat diperhatikan dengan kegiatan ini, karena apa yang kami lakukan juga merupakan bentuk kasih, perhatian dan empati bagi anak dengan kanker di Indonesia bersama orang tua mereka. Sama halnya seperti anak Indonesia yang lain, anak dengan kanker juga memiliki hak untuk bermain dan belajar, serta mendapat perhatian juga perlindungan. Sudah saatnya kita peduli, berbagi, dan berbuat sesuatu untuk mereka yang sangat membutuhkan uluran tangan kita semua, guna mengurangi beban kehidupan mereka terlebih di saat kesedihan melanda karena buah hati menderita kanker.”

“‘One Million Cranes for A Better Future’ menjadi sebuah kegiatan yang amat positif karena ada proses kreatif, pendidikan dan juga sikap peduli yang ditanamkan dalam kegiatan ini. Sehingga bentuk perhatian yang kami terima tak hanya bersifat materi, namun juga bentuk upaya setiap anak, orang dewasa dan seluruh pelanggan yang telah menyisihkan waktu dan kreatifitas mereka. Wujud lipatan origami bangau menjadi bentuk kepedulian dan harapan mereka juga akan kesembuhan dari penyakit, inilah spirit yang juga kami butuhkan,” ujar Ira dengan penuh semangat.

Adapun periode kegiatan ini akan dimulai dari tanggal 13 Juli 2015 dan akan ditutup tanggal 31 Agustus 2015 di setiap gerai Sushi Tei dan Sushi Kiosk yang tersebar di Indonesia. Di setiap gerai akan tersedia kertas origami disertai dengan petunjuk melipat origami bangau. Setiap orang dapat melipat origami bangau sebanyak mungkin untuk menghasilkan jumlah donasi yang lebih banyak. Sushi Tei maupun Sushi Kiosk tidak membatasi jumlah origami yang dibuat dan akan menghitung setiap origami yang dihasilkan.

Origami ini kemudian dikumpulkan dalam wadah berbentuk bangau yang disebut mini crane dan akan digabung menjadi satu di akhir periode untuk dihitung jumlah totalnya dan diubah dalam bentuk donasi. Keseluruhan origami bangau hasil karya seluruh pelanggan nantinya akan dipamerkan saat penyerahan donasi kepada YKAKI di acara puncak tanggal 13 September 2015 di Food Society Kota Kasablanka dengan ditandai bangau origami raksasa setinggi 3 meter yang nantinya akan dicatat oleh Museum Record Indonesia (MURI).

“Tentunya menjadi harapan kami dan kita bersama, upaya ini akan mendapat sambutan dan dukungan yang baik dari seluruh masyarakat, khususnya pelanggan Sushi Tei dan Sushi Kiosk yang tersebar di sembilan kota di Indonesia. Semakin banyak yang berpartisipasi, maka semakin banyak juga donasi yang dapat diberikan kepada anak penderita kanker yang ada di YKAKI dalam upaya menanggulangi kanker anak di Indonesia untuk mencapai kesembuhan. Tak hanya donasi berupa materi, namun ‘One Million Cranes for A Better Future’ juga menjadi jembatan bagi seluruh pelanggan kami untuk berupaya memiliki semangat dalam berbagi kebahagiaan pada sesama,” tutup Vera. (ro)

Teks foto: Tampak pada gambar (dari kiri ke kanan) : Aniza Alatas, Bendahara Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Ira Soelistyo, Founder Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Henky Pho, General Manager Sushi Kiosk dan Vera Kusliawan, Marketing Manager Sushi Tei Indonesia memegang origami bangau yang telah mereka buat pada saat peluncuran gerakan gerakan ‘One Million Cranes for A Better Future’ di Sushi Tei – Senayan City, Jakarta.