01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Budidaya Buah Naga Koramil Pulung Kodim Ponorogo

Madiun, KabarGress.com Mungkin Anda tahu dan sering melihat buah Naga di pasar, toko maupun swalayan, namun apakah anda tahu manfaat buah naga yang sebenarnya…? meskipun buah ini di sebut buah naga tapi  buah yang satu ini sama sekali tidak berasal dari Negara Tiongkok yang identik dengan hewan naga akan tetapi tanaman buah naga ini berasal dari Negara Amerika latin. Jum’at (3/7).Penegasan ini disampaikan Serda Marsudi.
Buah Naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan, tanaman  buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna putih, keduanya mengandung banyak serat, protein dan vitamin C maupun B serta kalsium dan zat besi dengan kandungan nutrisi yang lainnya. Banyak orang yang  sangat menyukai dan mengkomsumsi buah naga ini untuk kesehatan. Terang Serda Marsudi
Lebih lanjut Babinsa Serda Marsudi menjelaskan karena Banyak orang yang  sangat menyukai dan mengkomsumsi buah naga ini untuk kesehatan, sehingga Sumarni yang disela-sela dia sebagai seorang petani yang tiap hari harus mengangkat Cangkul dan sabit untuk menghidupi Keluarganya  Bapak dengan 3 (tiga) anak yang tinggal di Dusun Krajan Desa Sidoarjo Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo merupakan wilayah binaan Koramil 0802/17 Pulung Kodim 0802 Ponorogo, memanfaatkan lahan pekarangan untuk membudidayakan tanaman buah naga dengan hasil yang Fantastis yang bisa menambah penghasilan Keluarga selain dari hasil tanaman padi. Kurang lebih 700 M2 lahan pekarangannya ia manfaatkan untuk budidaya tanaman buah naga selain itu juga, sebagian lahan sawahnya seluas 1 kotak ia manfaatkan sebagai lahan tanaman buah naga. Terang Babinsa.
Kata Serda Marsudi, antara bulan Desember s.d Mei adalah bulan masa panen baginya, Untuk penjualannya pak sumarni tidak susah tinggal telpon pembeli yang biasa langganan langsung datang ke rumah, kadang juga ada pembeli yang tiba-tiba datang kerumah untuk di komsumsi keluarga,  Untuk harga buah yang bagus dengan harga Rp20.000 perkilo dan yang campuran mencapai Rp15.000 perkilo. Selain itu juga pak sumarni juga melayani jual untuk bibit yang di dalam polibek Rp15.000 per biji dan yang dipot beton baru di tanam Rp200.000 yang di pot yang pernah berbuah umur 1,5 thn harganya Rp1.000.000  per biji.

Untuk perawatan tanaman buah naga ini
sumarni cukup menggunakan pupuk kandang/kompos dan pupuk cair MPK Jaga tani ZPT Ratu BIOGEN Harganya Rp120.000 /liter. (hery)